Cirebonmedia.comPhotography pertama kali dikemukakan pada tahun 1839 oleh seorang ilmuwan asal Inggris yang bernama Sir John Herschell di dalam makalah yang berjudul “Note on the art of Photography, or The Application of the Cemical Rays of Light to the Purpose of Pictorial Respresentation” .Photography berasal dari kata photos “sinar/cahaya” dan graphos “mencatat/melukis” yang berarti photography adalah mencatat atau melukis dengan sinar atau cahaya.

Dalam dunia photography terdapat berberapa macam teknik, salah satunya adalah Silhouettes Photography atau fotografi suliet. Fotografi siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama dibagian depan gambar dengan latar belakangnya. Ketika objek foto membelakangi sumber cahaya biasanya teknik pemotretan akan mengukur pada cahaya objek sehingga background akan terlihat over atau bahkan akan mengghilang. Tapi, disituasi-situasi tertentu kita akan membiarkan objek terlihat gelap dan ini yang disebut dengan foto siluet. Pada foto siluet background menjadi amat penting dimana antara objek dan background harus saling mendukung.

Memotret siluet tidak lah sesulit yang dibayangkan, berikut beberapa langkah-langkah dan tips memotret siluet:

Siluet Fotografi1Matikan Flash

Yang pertama dan terpenting adalah flash di kamera harus dimatikan karena jika tidak objek utama akan menjadi terang sehingga anda akan mendapatkan foto biasa.

Cari Kondisi Pencahayaan Tepat “Backlight”

Dalam mengambil foto siluet diharuskan mencari background yang lebih terang dari objek utamanya.Itulah alasan mengapa foto siluet banyak dilakukan saat sunset atau pun sunrise.

Carilah Objek Yang Berbentuk Menarik

Foto siluet akan sangat menonjolkan objek utama, oleh karena itu akan lebih baik jika suatu foto siluet memiliki bentuk objek utama yang menarik.

Ukur Exposure Dengan Tepat

Dianjurkan untuk memotret foto siluet untuk menggunakan mode manual dalam setingan kamera.Atur matering di Spot Matering.Lakukan pengukuran di daerah background yang paling terang.Kombinasikan setingan aperture dan shutter speed sesuai dengan matering anda, terutama pada aperture pastikan di set sesuai dengan keinginan anda, aperture besar untuk background agak kabur dan aperture kecil untuk background yang tajam.

Jangan Takut Mencoba

Cobalah bereksperimen dengan objek dan lingkungan, karena foto siluet dapat dilakukan dimanapun dan tidak terpaku kepada sunset dan sunrise.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

105 Total Views 1 Views Today