Tips Menggunakan AC Mobil yang Baik Dan Benar Dari Denso AC Mobil Cirebon

Cirebonmedia.com –  Selain melakukan perawatan, ada tips menggunakan AC mobil yang dapat membuatnya awet, yaitu dengan menggunakannya secara baik dan benar. Hal ini mungkin sangat sederhana bagi sebagian orang yang sudah paham tentang fungsi tombol pada panel AC mobil , namun bila kita tidak melakukan prosedur pemakaian atau menggunaan AC mobil dengan benar, tentu akan memperpendek usia komponen spare part AC mobil. Untuk itu Denso AC Mobil Cirebon (AWS Denso) yang merupakan brand AC mobil ternama di Indonesia memberikan tips cara menggunakan AC mobil yang benar. Berikut tipsnya:

Gunakan sesuai waktu pemakaian. Apabila Anda melakukan perjalanan jauh dan berkendara berjam-jam lamanya, sebaiknya atur suhu tempratur AC mobil Anda jangan pada posisi maksimal, hal ini dimaksudkan agar kompresor AC mobil tidak terus berkerja dan dapat rehat sejenak. Sebaliknya bila Anda hanya berkendara sebentar atau tidak lebih dari tiga puluh menit maka tidak masalah jika tempratur pada posisi maksimal, penyetelan tempratur pada posisi maksimal adalah agar compressor cepat menghantarkan dingin pada kabin, terlebih jika mobil Anda terparkir lama pada terik matahari maka pastinya kabin mobil Anda akan ikut panas.

Paham pengaturan fungsi tombol pada panel AC mobil. Pengaturan yang baik akan menghasilkan dingin yang maksimal. Gunakan angin dalam yang ada pada tombol AC agar sirkulasi pendinginan menjadi cepat dan sebaiknya pengaturan speed blower AC (kecepatan putaran kipas AC mobil) pada posisi satu atau dua saja, karena angin kecil akan lebih sejuk ketimbang anda menggunakan agin kencang.

Mengerti fungsi Thermostat. Pengertian thermostat adalah alat untuk pengatur suhu tempratur yang apabila dingin sudah pada titik yang kita atur dan kemudian thermostat akan menghentikan sementara kerja kompresor AC mobil. Fungsi thermostat sangat penting untuk mengatur kerja kompresor, jika thermostat ini gagal berfungsi maka akan terjadi beku dan kompresor akan cepat rusak.

Tips menggunakan AC mobil
Tips menggunakan AC mobil

Matikan AC ketika mematikan mesin. Matikan AC mobil terlebih dahulu ketika Anda mematikan mesin mobil, begitu pula saat anda akan menyalakan mesin mobil baru kemudian AC dihidupkan. Pemakaian yang keliru dapat berakibat beban tegangan listrik mobil menjadi tinggi dan tidak stabil sehingga akan berdampak secara perlahan. Kasus ini memang tidak langsung terjadi, tetapi apabila sering dilakukan prosedur yang salah maka aki mudah tekor dan bisa berakibat pada sistem kelistrikan lainnya.

Nyalakan AC tiap hari. Meskipun jarang menggunakan mobil, setidaknya nyalakan AC selama 3-5 menit tiap harinya agar gas pendingin freon tidak mengendap dan terjadi sirkulasi. Banyak orang salah kaprah yang mengira apabila jarang menggunakan AC mobi akan lebih awet. Sebenarnya salah besar, karena AC yang jarang digunakan akan membuat gas freon mengendap dan memuai yang berakibat AC mudah bocor serta keropos.

Perlu diingat, kerusakan yang terjadi tidak hanya dari kualitas spare part komponen AC mobil melainkan sering terjadi karena salah prosedur pemakaian yang secara perlahan akan memperpendek usia komponen AC mobil Anda.

Berikut tips dari Denso AC Mobil Cirebon (AWS Denso), jika memang Anda membutuhkan perawatan AC Mobil langsung datang ke Denso AC Mobil Cirebon (AWS Denso).

Denso AC Mobil Cirebon (AWS Denso):

Alamat: Jl. Wahidin No. 3 A (sebelah Bank Sinar Mas) Kota Cirebon

No Telp: (0231) 222 092

 

Denso Part Shop:

 Alamat: Jl. Basalamah No. 59 D

Panjunan, Kota Cirebon

No Telp: (0231) 8300 853