Tips Aman Membeli Mobil Bekas

Afip Maulana Afip Maulana
  • 8 bulan
  • 84
  • 0

Tidak bisa dipungkiri bahwa jaman sekarang semakin banyak penipuan di segala bidang. Mengerucut pada persoalan mobil bekas, layaknya seorang penjual, pembeli mobil bekas (second hand) perlu mengantisipasi sebuah penipuan atau kerugian.

Sekecil apapun akibatnya, kamu selaku pembeli perlu mengantisipasi ini dengan cara antara lain sebagai berikut.

Ketahui Identitas Penjual

Sebelum kamu mulai untuk melihat kondisi mobil dan negosiasi harga, lakukan semacam wawancara kepada sang penjual. Hal ini sangat mungkin dilakukan dan wajar, jika penjual merasa tidak nyaman untuk ‘diwawancara’ ada baiknya kamu segera akhiri ketertarikan terhadap mobil yang dia jual.

Hal tersebut dilakukan jika memang kamu hendak melakukan negosiasi dengan penjual perorangan (pemilik langsung). Beda persoalan jika pembelian dari sebuah dealer. Biasanya akan jauh lebih mudah untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung bertanya kepada pegawai atau pihak marketing dealer atau bisa juga bertanya kepada teman, saudara atau tetangga yang pernah berhubungan dengan dealer tersebut.

Ajak Mekanik untuk Melakukan Pemeriksaan

Memeriksa kondisi mobil bekas yang akan kamu beli adalah suatu hal yang sangat penting. Kamu tentu tidak mau membeli sebuah mobil bekas tanpa tahu bagaimana kondisinya, ini ibaratkan kamu membeli kucing dalam karung.

Persiapkan diri (terutama bagi yang tidak tahu banyak tentang mesin) tentang apa saja yang akan kamu periksa nantinya.

Kamu merasa tetap tidak mampu untuk memeriksa mobil bekas tersebut? Tidak perlu khawatir, kamu bisa mencari mekanik atau montir mobil untuk melakukan pemeriksaan mobil bekas akan dibeli. Kamu bisa memperkerjakannya selama seharian bila perlu untuk memeriksa mobil bekas yang akan dibeli. Silakan cari di bengkel-bengkel terdekat.

Jika kamu sudah memiliki kenalan mekanik atau montir, tentu ini akan jauh lebih baik. Dalam pemeriksaan kondisi mobil ini tentu memerlukan orang yang sangat bisa dipercaya.

Selain dapat membantu memeriksa mobil bekas tersebut, ia akan dapat membantumu melakukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan setelah mobil berpindah tangan.

Ketahui Harga Pasaran

Kamu harus mengetahui tentang harga pasaran mobil bekas yang hendak dibeli, ketika kamu sudah memutuskan untuk mencari mobil tersebut, maka setidaknya sudah ada pegangan dan patokan harga.

Ada banyak cara untuk mengetahui harga pasaran mobil bekas yang hendak dibeli. Kamu bisa melakukan beberapa survey harga dari dealer satu ke dealer lain, bisa juga memeriksanya dengan kisaran pada situs-situs di internet, bahkan kamu juga bisa langsung menanyakan pada kawan di komunitas mobil pilihanmu tersebut.

Hal yang harus dicurigai adalah ketika penjual menawarkan harga yang sangat murah atau jauh dari harga pasaran.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, penjual (perorangan) adalah orang yang tidak bisa dipercaya atau terlibat kasus kriminalitas (penadah).

Kedua, mobil yang hendak dijual memiliki kondisi yang sangat tidak sehat. Biasanya mobil yang memiliki riwayat kecelakaan hebat dan telah dipoles sana sini akan dijual dengan harga yang sangat murah.

Ketiga, ada kemungkinan bahwa mobil tersebut tidak lengkap secara administrasi. Agar kamu tidak mendapat masalah hukum nantinya, lebih baik periksa kelengkapan surat-suratnya.

Sebenarnya masih sangat banyak tips aman membeli mobil bekas, tapi karena keterbatasan sesuatu, dicukupkan sampai di sini dulu. So, buat kamu yang mau mendapatkan update informasi otomotif atau apapun pantengin terus website dan media sosial Cirebon Media. Terus semangat mencari mobil bekas yang kamu inginkan dan tetap hati-hati.

Penulis : Afip Maulana