PRESTASI DALAM GENGGAMAN…

SMA NEGERI 3 Kota Cirebon

Salah satu indikator melihat perkembangan sebuah daerah adalah bagaimana perhatian pemerintah terhadap pendidikan. Kota Cirebon punya 9 Sekolah Negeri Menengah Atas. Semua punya karakteristik dalam membina siswa didiknya. Kali ini redaksi ingin mengangkat keberhasilan SMA Negeri 3 Kota Cirebon, yang beralamat di jalan Ciremai Raya Perumnas Cirebon. Bukan sebuah kebetulan, SMA Negeri 3 kemudian menjadi sekolah yang sangat berprestasi, setidaknya dalam kurun waktu 5tahun terakhir. Berbagai prestasi diraih dengan dasar yang kuat. SMA Negeri 3 telah menetapkan diri sebagai sekolah berwawasan lingkungan dan budaya.

DSC_0078 Pada peringatan Hari lingkungan Hidup tahun 2014 yang baru lalu, SMA Negeri 3 Cirebon berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional, penghargaan tertinggi untuk DSC_6430 keberhasilan sekolah yang pada peduli lingkungan hidup. “Dari wilayah ciayumajakuning hanya SMA Negeri 3 Cirebon yang mendapatkan penghargaan, khusus mengenai kepedulian lingkungan hidup” Jelas  Dra. Hj Ety Nur Rochaeni.Mpd.I selaku kepala sekolah. “Yang dimaksud sekolah berwawasan lingkungan bukan hanya sekolahnya saja yang rindang, namun lebih dari itu kami melestarikan beberapa tanaman langka. Bahkan siswa mampu membuat sirop dari buah samolo yang termasuk buah langka,” tambahnya.

Dan keberhasilan lain yang kemudian mengantarkan SMA yang asri itu mendapatkan penghargaan adalah saat siswa-siswinya berhasil mengolah limbah plastik menjadi minyak bakar. “ Plastik-plastik itu dikumpulkan kemudian dipanaskan melalui proses penyulingan, dari uapnya itu menetes menjadi minyak, seperti minyak tanah. “ Jelas kepala sekolah yang ramah itu.

Ada kesan mendalam dari seorang kepala sekolah saat menceritakan bagaimana perjuangannya memahamkan semua pihak mengenai konsep sekolah yang mandiri Dan itu berhasil. Penghargaan yang baru diterimanya juga mengangkat kota Cirebon ditingkat nasional. Apalagi saat bapak wakil presiden mengucapkan selamat karena berhasil membuat prestasi bukan hanya untuk diri seorang Dra. Hj Ety Nur Rochaeni.Mpd.I, namun keberhasilan pendidikan itu sendiri. “ Rasanya terbayar semua capek saya dan saya bangga dengan siswa siswi SMA Negeri 3, karena ini adalah keberhasilan mereka semua” Jelasnya menutup obrolan.kreatif 9

Shares
Share This