Cirebonmedia.com – Wedha’s Pop Art Potrait atau biasa disebut WPAP adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling – silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna khusus dan didominasi bidang datar marak warna depan (dikenal dengan sebutan foto narak berkotak), tengah dan belakang untuk menimbulkan dimensi, yang dibentuk dari garis – garis imajiner tegas dimana bentuk wajah, posisi elemen anggota wajah dan proporsinya tetap sama dengan potret aslinya dengan proses tracing kreatif yang tidak tunduk 100 persen pada apa yang sedang di trace. Dimensi dari gambar yang di-trace (gambar ulang dengan acuan) tidak berubah, sehingga penampakan akhir dari objek yang di transformasi jelas dan menyerupai aslinya sehingga mudah dikenali.

Seni Lukis
Seni Lukis

Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, seniman grafis asal Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun 1990. Awal kepopuleran WPAP adalah ketika digunakan untuk mengilustrasi cerita – cerita karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya. Kepopuleran teknik WPAP ini membuat banyak terbentuk komunitas seni WPAP, salah satunya WPAP Cirebon. Menurut salah satu anggota dari komunitas WPAP Cirebon, Moch. Widodo atau biasa dipanggil Dodo Cherbon mengatakan ia sangat menyukai WPAP karena keunikannya, “WPAP sangat unik, menampilkan foto wajah manusia dengan rasa yang berbeda” ujar Dodo. Dodo yang sudah menyukai WPAP sejak 2010 belajar secara otodidak melalui facebook, forum dan melalui sang founder Wedha Abdul Rasyid. Menurutnya salah satu tantangan dalam membuat WPAP adalah ketelitian dan kesabaran yang ekstra, “Yang terpenting dalam membuat WPAP adalah teliti dan sabar” ujarnya. Saat ini Dodo mampu mendapatkan penghasilan dari kemampuannya membuat WPAP.

Ia juga menambahkan tips bagi para pemula yang ingin bisa membuat WPAP harus rajin untuk mencoba membuat WPAP, harus teliti dan bersabar karena menurutnya dibutuhkan waktu minimal 6 bulan untuk bisa membuat WPAP yang sesuai baik dan benar.

Teknik melukis seperti ini selain memberi warna baru dalam seni lukis teknik semacam ini juga dapat menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia, bahwa Indonesia tak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan alamnya saja akan tetapi kreasi dan kreatifitas anak negeri patut diapresiasi dan didukung agar terus berkembang dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia

531 Total Views 1 Views Today