Cirebonmedia.com – Kesehatan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Namun seringkali masyarakat sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal karena faktor ekonomi maupun tempat tinggal yang jauh dari fasilitas kesehatan. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon mengarahkan sebuah kereta yang disebut Rail Clinic atau kereta kesehatan.

Menurut Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan Rail Clinic merupakan jenis kereta yang didesain sehingga dapat berfungsi sebagai ruang periksa atau ruang tindakan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. “Kereta api ini bukan kereta api penumpang tapi kereta api kesehatan atau RailClinic, untuk melayani kesehatan masyarakat” ujar Krisbiyantoro. Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia di bidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA, sehingga dapat menembus daerah yang sulit diakses atau minim fasilitas kesehatan..

IMG-20161022-WA0006

Krisbiyantoro menambahkan, sedikitnya 300 warga di Desa Damarguna, Ciledug Tengah, dan Ciledug Lor Kabupaten Cirebon mendapat pelayanan kesehatan gratis melalui kereta kesehatan ini. “Rail Clinic merupakan retrofit Kereta Rel Diesel (KRD) dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan. Rangkaian Rail Clinic sendiri terdiri atas 2 kereta yang masing – masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, KIA, pemeriksaan kesehatan mata dan penyuluhan kesehatan,” terangnya.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan tim kesehatan yang terdiri dari dokter umum dan dokter gigi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Kegiatan ini merupakan bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar jalur KA dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan kereta kesehatan Rail Clinic untuk masyarakat di sekitar Stasiun Ciledug,” ungkapnya. Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis, pihaknya juga memberikan alat bantu kesehatan.gratis berupa kacamata untuk 50 siswa SD Damarguna 1, 2, dan MIS I’anatul Mubtadiin.

235 Total Views 2 Views Today