Cirebonmedia.com – Mengawali kegiatan pada minggu terakhir di bulan Oktober ini, Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Senin, 24 Oktober 2016, melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kota dan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Didampingi istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, dan sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), Ibu Iriana bertolak menuju Cirebon melalui Stasiun Kereta Api (KA) Gambir, Jakarta Pusat, dengan menggunakan KA Argo Muria sekitar pukul 07.00 WIB. Setibanya di Kota Cirebon, Ibu Iriana beserta rombongan melakukan peninjauan program IVA Test dan Deteksi Dini Kanker Payudara di dua puskemas yang berada di Kabupaten Cirebon tepatnya di puskesmas Palimanan dan puskesmas Plumbon. Sebelumnya, Ibu Iriana juga pernah melakukan peninjauan serupa di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi DI Yogyakarta. Peninjauan ini dilakukan untuk mendukung dan memperhatikan program pencegahan kanker yang ada di Indonesia.

Kanker payudara adalah keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara. Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Ibu Iriana Joko Widodo saat kunjungan ke Cirebon
Ibu Iriana Joko Widodo saat kunjungan ke Cirebon

Selain itu, guna menunjang potensi industri kreatif di daerah, Ibu Iriana beserta rombongan juga mengunjungi sentra batik Ninik Ichsan di kawasan Plered, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Setelah melakukan serangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Cirebon, Ibu Iriana bersama rombongan meninjau pameran kesenian se-Jawa Barat di Gedung Negara Cirebon yang berada di Jl. Siliwangi Kota Cirebon, sebelum kembali ke Jakarta dengan kereta api.

Dalam kunjungan kerja ini, Ibu Iriana Joko Widodo turut didampingi Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum OASE, Ibu Siti Faridah Pratikno selaku Sekretaris OASE, Ibu Hani Pramono Anung selaku Sekretaris OASE dan Ibu Ratnawati Setiadi Jonan selaku Bendahara OASE serta anggota OASE lainnya.

137 Total Views 1 Views Today