Cirebonmedia.com – Belakangan ini sejumlah elemen masyarakat terus menggelar aksi demonstrasi di depan gerbang PLTU 2 Cirebon. Para demonstran menuntut penyelesaian persoalan lahan terkait pembangunan PLTU 2. Menanggapi tuntutan ini, pihak PLTU Cirebon menyatakan hingga saat ini tidak ada persoalan lahan dalam area proyek, atau Power Block PLTU 2.

“Kalau dari kami clear mengenai lahan. PLTU 2 ini kan dibangun di lahan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang kami sewa. Namun menerima banyaknya aspirasi warga soal lahan ini, kami pun sudah melakukan pemeriksaan ulang terkait lahan  -lahan yang dimaksud, dan hasilnya kami bisa dinyatakan bahwa tidak ada persoalan lahan di area PLTU 2” jelas Heru Dewanto, Presiden Direktur PLTU Cirebon. Heru menambahkan, apabila memang ada bidang – bidang lahan yang belum selesai, maka PLTU 2 mempersilahkan pihak – pihak terkait untuk lapor dengan membawa bukti. “Apabila memang tanah itu kami gunakan, dan tanah itu belum pernah dibebaskan sebelumnya, dan pemilik bisa menunjukkan bukti – bukti yang sah, juga termasuk lokasi persis dari tanah yang dimaksud, kami beli” tambah Heru.

PLTU Cirebon
PLTU Cirebon

Heru juga menegaskan, Tanah yang digunakan dalam area PLTU 2 masuk dalam daftar Barang Milik Negara (BMN) seperti tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan No 06/MK.6/WKN.07/KNL.02/2013 PLTU Cirebon menyewa sesuai aturan yang berlaku dalam Peraturan Menteri Keuangan No 78/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan BMN. Sementara akibat aksi unjuk rasa yang dilakukan, terjadi beberapa kerusakan di pagar pembatas PLTU 2. “Kami menghormati hak masyarakat untuk menyampaikan pendapat, dan dengan senang hati kami menerima masukan-masukan tersebut, akan kami tindaklanjuti dengan serius. Namun kami menyayangkan aksi pengerusakan yang dilakukan, terutama disaat dialog-dialog dengan berbagai pihak sedang berlangsung. Terkait pengerusakan ini kami sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah hokum” ujar Teguh Haryono Direktur PLTU Cirebon. PLTU Cirebon terus memegang teguh komitmen untuk menjadi Tetangga yang baik dan menjadi bagian dari masyarakat yang memberikan kontribusi positif untuk lingkungan sekitar. “Kalau ada yang belum maksimal, mohon kami diingatkan juga, tentu dengan tetap memperhatikan ketertiban dan kebaikan bersama.”, kata Teguh.

92 Total Views 1 Views Today