Cirebonmedia.com- SMA Negeri (SMAN) 6 Cirebon, terletak di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo no.79 Kota Cirebon, Jawa Barat merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. SMAN 6 Cirebon adalah satu satunya sekolah menengah atas di cirebon yang memiliki program akselerasi (sekolah yang ditempuh lebih cepat) dalam kurun waktu 2 tahun para pelajar sudah bisa menyelesaikan semua bidang studi yang dipelajari di sma, akselerasi dibuka pada tahun 2011.
Dalam perjalanan kegiatan di SMAN 6 Cirebon, SMAN 6 Cirebon atau yang akrab disapa dengan panggilan “smanam” ini mempunyai kegiatan rutin tahunan yang bermanfaat untuk jenjang masa depan siswa/I-nya. Univday, merupakan kegiatan berupa sosialisasi para mahasiswa alumni yang bertujuan untuk memberikan wawasan ilmu, motivasi dan bagaimana kegiatan perkuliahan di setiap Universitas dan juga Fakultas/Jurusan yang di tuju. Bermulai dari tahun 2010 sampai dengan sekarang kegiatan univday yang terbentuk oleh OSIS, dan juga alumni dari smanam sendiri.
Pelaksanaan Univday ini terlaksana atas izin dari kepala sekolah yaitu Dra. Hj. Ety Nur Rochaeni, M.pd. Beliau pun memberikan arahan pada saat pembukaan, bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan semoga kelas XII bisa mengambil informasi-informasi yang dibutuhkan untuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Selain itu beliau juga mengapresiasi kegiatan rutin ini sebagai sarana kelas XII untuk mencari informasi tentang perguruan tinggi beserta jurusan yang mereka inginkan.
Smanam Univday 2017 menghadirkan 25 Universitas dari berbagai kota, baik di dalam Cirebon ataupun di luar Cirebon, tidak hanya Universitas Negeri yang di ikut sertakan oleh panitia tapi juga ada Universitas Swasta yang ikut tergabung kedalam Univday Smanam, Konsep Univday Smanam 2017 disini menggunakan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya yang mana disini menggunakan konsep “mentoring”, konsep ini berguna untuk para siswa/I kelas XII untuk bisa lebih mengetahui jurusan yang akan diambilnya. Smanam disini sangat mewadahi para siswa/I yang ingin kuliah baik luar kota ataupun dalam kota.
SMAN 6 Cirebon sukses menggelar Univday 2017
SMAN 6 Cirebon sukses menggelar Univday 2017

Univday ini tidak hanya bermanfaat bagi kelas XII untuk mencari informasi setelah lulus SMA tapi sebagai bekal juga untuk kelas X dan XI untuk bisa lebih mempersiapkan dari awal jenjang kuliah berikutnya, dengan datang langsung mendatangi Stand Univ di Smanam. Selain untuk wadah mencari informasi dalam perkuliahan, kegiatan ini juga untuk membentuk suatu tali silaturahmi antar alumni di setiap perguruan tinggi yang akan dituju agar lebih mudah mencari informasi alurnya.

Daftar 25 Universitas yang tergabung dalam acara Univday Smanam adalah :
  1. UNTAG PRIMA
  2. POLITEKNIK KESELEMATAN TRANSPORTASI JALAN
  3. UPI
  4. UNSIKA
  5. UNDIP
  6. UB
  7. UGM
  8. POLTEKKES TASIKMALAYA
  9. UNPAD
  10. POLITEKNIK STT BANDUNG
  11. UNSOED
  12. ITB
  13. STT PLN
  14. POLBAN
  15. STMIK CIC
  16. GMP ACADEMY
  17. AKFAR
  18. UI
  19. GUNDAR
  20. AKAMIGAS
  21. TELKOM
  22. UNS
  23. AKBID KEBIDANAN
  24. EDULAB
  25. UNSWAGATI
Harapan dalam kegiatan Univday smanam ini  “untuk kelas XII akan lebih memantapkan diri dan mental lagi dan menyiapkan hal yang diperlukan, juga memanfaatkan moment ini dalam mencari ilmu dan informasi bagi perkuliahan yang akan ditempuhnya.” Ujar Wakasek Kesiswaan Ayi Subhan melalui pembina OSIS SMA Negeri 6 Cirebon, Eka Novianto
135 Total Views 1 Views Today