Cirebonmedia.com- Negara Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, karena dihimpit oleh dua benua yaitu, Australia dan juga Asia yang mana Indonesia memiliki hembusan angin dari Asia dan juga Australia. Selain itu, Indonesia juga dihimpit oleh dua samudra besar yaitu Pasifik dan juga Hindia. Hal ini menyebabkan Indonesia mengalami dua musim saja yaitu panas dan juga hujan. Namun belakangan ini terjadi fenomena yang mampu menyedot perhatian masyarakat yaitu terjadinya hujan es.

Umumnya hujan es terjadi di belahan bumi bagian barat, meski pun ada beberapa negara di Asia yang juga memiliki musim dingin namun tidak dengan Indonesia, seperti yang telah kita ketahui, Indonesia hanya memiliki dua musim saja, akan tetapi baru-baru ini hujan es terjadi di Indonesia, ini merupakan fenomena yang aneh karena Indonesia tidak memiliki musim dingin, fenomena aneh ini menjadi bahan perbincangan, bagaimana bisa negara yang tidak memiliki musim dingi tetapi terjadi hujan es di sana.

Hujan es ini dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. Salah satu pembentukan dari bola- bola es ini adalah melalui kondensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku. Biasanya, hanya es yang berukuran besar saja yang terjadi dengan proses seperti ini. Karena ukurannya yang besar, sehingga meski es sudah turun ke suhu yang lebih hangat dan daerah lebih rendah, tidak semua es ini menjadi cair atau mencair.

Hujan es

Hujan es terjadi di sejumlah wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Butiran es berjatuhan saat hujan deras disertai petir mengguyur wilayah Jakarta. Saat ini potensi hujan es bergeser ke wilayah lainnya menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mungkin bagi kebanyakan masyarakat Indonesia fenomena ini adalah suatu hal yang aneh, fenomena hujan es tersebut tidak memiliki dampak yang merusak. Ini disebabkan hujan es terjadi secara alamiah. masyarakat tak perlu khawatir dengan fenomena yang terjadi, karena fenomena hujan es tidak akan membuat kerusakan atau membahayakan masyarakat.

19 Total Views 2 Views Today