Penulis : Helda

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

 

Perut terasa mual, perih, dan kepala pusing? Itu adalah tanda-tanda kecil kamu terserang asam lambung atau yang biasa disebut penyakit maag. Maag adalah penyakit radang lambung yang disebabkan adanya luka di dalam lambung. Akibat luka itu, perut akan terasa sakit, perih, dan mual. Banyak orang yang menyepelekan tanda-tanda penyakit maag ini. Mungkin mereka hanya menganggap ini sakit perut biasa.

Seringkali orang yang terkena asam lambung mengabaikan sakitnya. Hati-hati, ini berbahaya loh! Jika terus-menerus diabaikan akan mengakibatkan terserang penyakit lainnya. Banyak hal sepele, tetapi berpotensi besar mengakibatkan maag. Salah satunya adalah tidak makan tepat waktu dan stress. Orang-orang yang sibuk bekerja, anak sekolah, atau pun mahasiswa seringkali menunda-nunda waktu makan dan akibatnya, penyakit maag tidak hanya mnyerang orang dewasa tetapi juga anak kecil.

Asam lambung yang tidak segera diobati akan terus memburuk dan mengakibatkan maag kronis. Barulah di sini orang akan menyadari sakitnya dan akan berupaya untuk menyembuhkannya. Maag kronis adalah asam lambung yang sudah parah dan mengakibatkan penderita sering mual dan muntah darah, sehingga berat badan akan turun drastis. Akibat lain dari maag kronis adalah kanker lambung dan kanker pencernaan. Berbahaya bukan? Jika sudah kronis, maka penyakit ini cukup sulit disembuhkan.

Jadi sebaiknya hindari maag dengan makan secara teratur, jauhi makanan pedas, berminyak, dan bersoda atau kamu bisa sesekali berpuasa untuk mengistirahatkan perutmu, sehingga tidak terlalu banyak makanan yang masuk.

Salah satu cara menyembuhkan asam lambung dengan bahan alami, yakni dengan air perasan kunyit, namun tentu perlu proses yang cukup lama. Cara membuatnya sederhana saja, kamu hanya perlu beberapa ruas kunyit, kupas, dan bersihkan. Kemudian, parut kunyit dan peras airnya, lalu sisihkan ke dalam gelas. Minumlah dengan rutin. Ini akan membantu meredakan sakit maag.

Sayangilah tubuhmu, karena benar, ‘Lebih baik mencegah daripada mengobati.’ Jika kita hidup sehat, maka hidup akan terasa lebih tenang.

 

Sumber:

http://maagkronis.com