FESTIVAL KERATON NUSANTARA XI DITUTUP OLEH PRESIDEN RI BAPAK IR. JOKO WIDODO

Cirebonmedia.com – Festival Keraton Nusantara (FKN) XI resmi ditutup Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Taman Sari Gua Sunyaragi Kota Cirebon, Senin (18/9) malam. Acara penutupan itu dihadiri oleh para raja dan sultan se-Nusantara. Dengan menggunakan pakaian adat Jawa, Jokowi yang dikawal ketat, datang ke venue penutupan FKN XI. Dalam sambutannya, Presiden memberikan apresiasi setinggi-tinggi atas terselenggaranya acara dua tahunan ini beliau senang karena acara berlangsung dengan aman dan lancar. Selain itu Presiden juga meminta kepada raja dan Sultan untuk senantiasa menjaga aset bersejarah yang dimiliki. Karena, menurut Jokowi, aset-aset itu tak ternilai harganya. “Keraton adalah tempat pelestarian budaya. Untuk itu, keluarga keraton harus bisa menjaga nilai-nilai yang ada di dalamnya,” ujar Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan gemuruh dari seluruh peserta yang hadir.

Presiden memberikan apresiasi setinggi-tinggi atas terselenggaranya acara dua tahunan ini beliau senang karena acara berlangsung dengan aman dan lancar.

Presiden RI Joko Widodo – foto:cirebonmedia.com

Meski secara resmi Festival telah di tutup, namun Cirebon sebagai tuan rumah yang baik, pada hari selasa 19 September 2017, memberikan agenda untuk seluruh peserta pagelaran, yaitu berupa city tour. Acara ini sekaligus mempromosikan beberapa tempat kerajinan. Seperti, Kerajinan Kerang di Desa Astapada, Kerajinan Rotan di Tegal Wangi, Kerajinan EB Batik Trusmi serta berkunjung ke Museum Keramik di Astana Gunung Jati.

Menurut ketua pelaksana kegiatan ini, kedepan, acara Festival Keraton Nusantara yang tadi nya diselenggarakan dua tahun sekali, di ubah menjadi setahun sekali dan khusus untuk Cirebon telah 2 kali menjadi tuan rumah dalam kurun waktu dua puluh tahun. Pertama pada tahun 1997 menjadi tuan rumah dan tahun 2017 ini yang kedua kalinya.  Tidak menutup kemungkinan Cirebon akan menjadi tuan rumah kembali sepuluh tahun mendatang. Dalam ajang kali ini Kesultanan Cirebon mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para Raja atau Sultan yang mengikuti acara tersebut. Mereka puas dengan susunan acara. Mulai dari penyambutan hingga pada penutupan. “Selamat jalan para Raja dan Ratu se nusantara, terima kasih sudah datang ke Cirebon dan sampai berjumpa lagi di Festival Keraton selanjutnya.”

 

Oleh, fian_cirebonmedia.com

Shares
Share This