Cirebonmedia.com – Kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan pengobatan herbal sekarang sudah makin tumbuh. Penelitian ilmiah seputar obat tradisional ini juga makin banyak. Obat herbal adalah obat yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami dengan tumbuhan sebagai bahan dasar. Bahan-bahan tersebut diolah dengan cara alami tanpa unsur kimia sama sekali. Bahkan untuk beberapa bahan alami sangat tidak bisa jika dicampur dengan bahan kimia. Salah satu contohnya jamu. Sekarang penelitian tentang khasiat jamu ditemukan di berbagai jurnal kesehatan. Jamu adalah contoh konkret obat herbal yang sudah diterima masyarakat sebagai alternatif pengobatan. Dari hasil-hasil penelitian itulah diketahui berbagai kelebihannya obat herbal. Yang paling utama dari penelitian yang di kutip dari jurnal kesehatan adalah, obat herbal tidak menimbulkan efek samping, karena berasal dari tumbuhan.

 herbal adalah obat yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami dengan tumbuhan sebagai bahan dasar.

Pengolahannya pun dilakukan secara alami, tradisional, tanpa campuran bahan sintetik. Meski harus tetap berhati-hati saat memilihnya di pasaran. Ada beberapa jenis herbal yang diproduksi secara tidak higienis atau dicampur bahan kimia. Hal ini sangat berbahaya, karena pemakaian produk herbal yang dicampur bahan kimia dalam jangka waktu yang lama, bisa berubah menjadi racun bagi tubuh. makanya kenapa pemakaian obat kimia harus melalui kontrol ketat dari dokter dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

minuman herbal – Foto : Google.com

Selain itu Obat herbal bekerja secara menyeluruh (holistic). Karena menyembuhkan gejala penyakitnya , ia bekerja sampai ke sumber penyakitnya. Dengan demikian obat herbal sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk melawan penyakit. Satu obat herbal saja bisa digunakan untuk mengobati lebih dari satu penyakit. Misalnya, jintan hitam atau habbatussauda dapat menyembuhkan asam urat, migrain, diabetes, hepatitis, bahkan kanker. Kehebatan habbatussauda bahkan diakui oleh Nabi Muhammad saw yang menganjurkan umatnya untuk mengkonsumsi habbatussauda secara teratur.

 

Oleh, Beti

@dari berbagai sumber