Cirebonmedia.com – Yogurt penting bagi kesehatan. Anda penyuka yogurt kan? Beruntunglah karena yogurt sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Tak bisa dianggap sepele, sistem pencernaan  memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan seluruh anggota tubuh. Pencernaan sehat, maka sehat pula tubuh kita. Indonesia adalah negara besar yang masyarakatnya semakin sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan. Karena itu Indonesia siap ikut serta dalam penetapan tanggal 29 Mei sebagai World Digestive Health Day dan National Yogurt Day, sebagai national day yang pertama di Indonesia.

Sehatkan pencernaan dengan rutin mengonsumsi yogurt. Selain untuk kesehatan pencernaan, ada beragam manfaat lainnya yang bisa dipetik dari yogurt. Inilah beberapa di antaranya yang bisa dirasakan sehari-hari :

1. Yogurt dapat membuat kulit lebih sehat
Ingin kulit lebih sehat dan cantik? Manfaatkan saja yogurt. Kandungan asam lactic yang ada di dalam yogurt menyerupai komponen yang ada dalam bahan kecantikan yang membuat kulit mati terkelupas. Yogurt bekerja menggantikan lapisan terluar epidermis sehingga membersihkan noda pada kulit dan meratakan warna kulit wajah, sehingga wajah pun terhindar dari kerutan halus.

yogurt sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan pencernaan. Tak bisa dianggap sepele, sistem pencernaan pada tubuh memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan seluruh anggota tubuh.

2. Yogurt baik bagi kesehatan pencernaan secara menyeluruh
Yogurt berkualitas tinggi-yang bisa dilihat dari nutrition fact-nya dan rasa asamnya yang pas, adalah sahabat bagi pencernaan Anda. Probiotik atau bakteri baik yang ada di dalam yogurt membantu menyeimbangkan microflora dalam pencernaan dan membantu melancarkan proses pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat yogurt secara maksimal, pastikan Anda memilih yogurt dengan kualitas yang baik. Pilihlah yang tinggi kalsium, rendah lemak, rendah gula dan mengandung prebiotik/mengandung serat.

Foto :Google

3. Yogurt baik bagi kesehatan jantung
Mengonsumsi yogurt berarti Anda memelihara kesehatan jantung Anda karena yogurt rendah lemak. Sehingga risiko Anda untuk mengalami tekanan darah tinggi pun berkurang dan jantung Anda terlindungi. Di dalam yogurt, terdapat pula manfaat kalsium, magnesium dan potasium yang membantu juga menurunkan kadar darah yang tinggi.

4. Yogurt melindungi diri dari osteoporosis 
Pengeroposan tulang hingga tulang retak akibat menurunnya kepadatan tulang, atau yang biasa disebut osteoporosis mengancam hampir semua orang tanpa terkecuali jika tidak mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi. Di dalam yogurt, terdapat kandungan kalsium dan vitamin D yang baik untuk menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

5. Membantu menghalau penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.
Yogurt memperkuat sistem imun tubuh karena adanya kandungan bakteri baik ekstra atau probiotik, yang meningkatkan daya tahan tubuh. Ini disebabkan adanya peningkatan produksi sel darah putih yang kuat sehingga mampu melawan infeksi serta menjadi antibodi dalam pencernaan. Bakteri Lactobacillus acidophilus yang biasanya merupakan jenis probiotik yang ditambahkan pada yogurt dapat juga menghindarkan wanita dari infeksi vagina.

Dengan banyaknya manfaat baik dari yogurt, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengonsumsi yogurt secara rutin. Tapi, pastikan yogurt yang Anda konsumsi memang yang berkualitas baik, ya. Teliti sebelum membeli yogurt. Cek selalu kandungan kalori, gula, lemak dan kalsiumnya. Jika ada prebiotiknya, semakin baik. Dan, pilih yogurt yang asamnya pas sehingga aman untuk asam lambung. Yuk, biasakan mengonsumsi yogurt berkualitas setiap hari untuk kesehatan pencernaan, tubuh, serta kulit cantik Anda.

Oleh : Moch Alfian

Sumber : meetdoctor.com