Topeng Beling adalah seni tari yang tumbuh dan berkembang di Cirebon,  tepatnya di Sanggar Seni Sekar Pandan yang bermarkas di komplek Keraton Kacirebonan. Tari Topeng Beling ini diciptakan sendiri oleh Elang Heri Komarahadi pada tahun 1995. Tari ini merupakan perpaduan dari unsur debus dan tari topeng Cirebon.

Cirebonmedia.com- Cirebon merupakan daerah yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Barat. Perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Proses alkulturasi budaya pun akhirnya terbentuk antara dua kultur,  Sunda dan Jawa. Ada salah satu kesenian Cirebon yang merupakan hasil alkulturasi tersebut yaitu Topeng Beling. Topeng Beling terdiri dari unsur utama,yaitu Topeng dan Beling. Menurut istilah Cirebon, topeng mengandung pengertian sebagai penutup muka ataukedok. Sedangkan “Beling” adalah kata serapan dari bahasa Sunda yang artinya pecahan kaca.

Topeng Beling adalah seni tari yang tumbuh dan berkembang di Cirebon,  tepatnya di Sanggar Seni Sekar Pandan yang bermarkas di komplek Keraton Kacirebonan. Tari Topeng Beling ini diciptakan sendiri oleh Elang Heri Komarahadi pada tahun 1995. Tari ini merupakan perpaduan dari unsur debus dan tari topeng Cirebon. Topeng Beling sama seperti tari Topeng Cirebon pada umumnya yaitu mengenakan topeng atau kedok. Namun kesan eksotis mistisnya lebih kentara. Karena ditarikan diatas pecahan beling.

IMG_6174
Image By: Cirebon Media/ Bima

Topeng Beling hanya di tarikan oleh kaum laki-laki. Berbeda dengan tari Topeng Cirebon lain biasanya ditarikan oleh penari perempuan. Ada beberapa persyaratan yang harus dikuasi oleh penari topeng beling. Selain harus menguasai tari Topengnya sendiri, ia juga harus menguasai keahlian atraksi debus.

Dalam perkembangannya, tari Topeng Beling ini sudah dipentaskan di beberapa tempat diantaranya di Taman Mini Indonesia Indah, Taman Budaya Jakarta, Festival Keraton di Solo dan Taman Budaya Jawa Barat. Topeng Beling ini juga pernah mendapatkan penghargaan tata tari terbaik se-Jawa Barat.  Akhirnya Topeng Beling  menjadi salah satu maskot seni tari Kota Cirebon. Namun, keberadaan Topeng Beling pada saat ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

 

Oleh, Moh.Alfian