Pawon Bogana Kuliner Khas Keraton Kacirebonan

The Light Carrier
  • 4 tahun
  • 678
  • 0

Related Post

Cirebonmedia.com- Cirebon merupakan sebuah kota yang terletak di ujung pantura Jawa Barat. Cirebon memiliki beragam kekayaan budaya mulai dari keraton, batik, musik dan yang tidak mungkin kita lewatkan adalah kulinernya. Kuliner dari Kota Cirebon memiliki ciri khas yang biasanya mempunyai cita rasa pedas dan asin. Seiring pembangunan dan infrastruktur transportasi yang memudahkan akses para wisatawan untuk berkunjung ke Cirebon membuat  Sultan Kacirebonan P. Abdulgani Natadiningrat, SE. membuat sebuah konsep untuk memadukan antara kuliner dan wisata, hal ini bertujuan untuk menarik minat para wisatawan agar berkunjung ke Cirebon. Salah satunya dengan cara menghadirkan Pawon Bogana di Keraton Kacirbonan.

Pawon Bogana merupakan konsep wisata kuliner yang berlokasi di Keraton Kacirebonan yang menyajikan menu Nasi Bogana. Nasi Boganan yang pada awalnya memiliki arti nasi seadanya adalah nasi syukuran khas Cirebon. Bogana sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu saboga-bogana yang artinya seadanya atau semampunya. Nasi Bogana adalah tumpeng nasi kuning yang dihidangkan dengan lauk pauk berupa tahu, tempe, telur dan daging ayam yang semua lauk itu dimasak dengan bumbu kuning.

P_20151208_125516 Semua itu memiliki lambang atau arti tersendiri, tumpeng melambangkan kesatuan dengan Tuhan dan warna kuning melambangkan keagungan. Menurut Sultan Kacirebonan nasi bogana adalah sebuah budaya yang harus kita lestarikan, “Nasi Bogana adalah sebuah budaya khas Cirebon yang harus kita lestarikan. Saya beruntung mempunyai istri yang bisa membuat nasi bogana sehingga saya bisa menyajikan nasi bogana kepada para wisatawan yang berkunjung ke Keraton Kacirebonan” ungkap Sultan Kacirebonan P. Abdulgani Natadiningrat, SE. Nasi Bogana ini di tawarkan dengan harga Rp. 18.000 hingga Rp. 25.000.

Pawon Bogana ini sendiri baru di buka mulai pukul 18.00 hingga pukul 22.00. menurut Sultan P. Abdulgani Natadiningrat, SE hal ini karena agar para wisatawan dapat menikmati Keraton pada malam hari sebagai tempat nongkrong sekaligus mengenal budaya Cirebon. Menurut Sultan, denyut pariwisata di Cirebon sudah sangat terasa dan hal itulah yang menjadi inisiatif Keraton Kacirebonan untuk memajukan pariwisata di Cirebon.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima

Shares
Share This