Cirebon Media- Menjadi seorang pemimpin memang diinginkan oleh banyak orang, namun untuk mencapainya tidaklah mudah. Karena itulah, banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang pemimpin. Ada yang mengatakan, “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memahami pentingnya memberikan motivasi dan arah yang jelas untuk mencapai tujuan yang lebih besar”. Dengan begitu, menjadi seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab yang sangat besar.

Bagaimana sih caranya menjadi pemimpin yang baik? Lalu apa bedanya pemimpin yang baik dengan pemimpin biasa? Menurut beberapa sumber, untuk menjadi seorang pemimpin bukan hanya bermodalkan kecerdasan akademis dan teknis saja. Kamu juga harus mempunyai modal dasar untuk menjadi pemimpin yang baik yakni kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Tentu hal tersebut tidak mudah. Bagaimana dan seperti apapun keadaan yang sedang terjadi, seorang pemimpin harus dapat memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Terlebih jika orang disekeliling tidak mau mendengarkan apa yang kamu sampaikan. Nah.. apa saja sih yang termasuk kecerdasan emosiaonal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin? Simak penjelasan di bawaha ini..

  1. Mawas diri

Mawas diri merupakan kemampuan untuk memahami suasana hati, kekuatan, kelemahan, dorongan dan prinsip diri sendiri. Dalam bekerja, seorang pemimpin harus berhati-hati dalam bertindak atupun memberi arahan kepada bawahannya.

  1. Pengaturan diri

Keadaan diri yang sedang kurang baik berpotensi merusak kepemimpinanmu. Pengaturan diri adalah kemampuan dalam mengendalikan, mengatur, serta beradaptasi dengan dorongan dan mood yang berpotensi merusak. Dengan kata lain bagaimana kamu bisa mempimpin orang lain jika kamu belum bisa mengatur diri sendiri.

  1. Motivasi Diri

Motivasi diri adalah kemampuan yang datang dari diri sendiri yang dapat mendorong semangat untuk mencapai tujuan. Inilah arti motivasi diri yang harus kamu miliki untuk mewujudkan tujuan bersama. Jika seorang pemimpin telah memiliki motivasi diri, maka ia akan lebih bangkit dalam usahanya.

  1. Empati

Empati adalah sikap yang sangat diperlukan oleh seorang pemimpin. Karena empati adalah  kemampuan memahami emosi atau perasaan orang lain, serta meresponsnya secara tepat. Dengan begitu, seorang pemimpin dapat mengerti apa yang dirasakan dan dibutuhkan rekan-rekannya.

  1. Keterampilan sosial

Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya. Sebagai seorang pemimpin, kamu wajib memiliki kemampuan ini, agar kamu dapat menjalin dan membawa rekanmu bersinergi, menjalin hubungan positif di mana pun dan apa pun kondisinya.

  1. Mau Mendengarkan Orang Lain

Pemimpin yang baik juga harus bersikap terbuka dan mau mendengarkan pendapat orang lain. Karena masukan dari orang lain dapat dijadikan pertimbangan untuk memutuskan suatu hal.

Penulis: Helda Damayanti

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

Sumber:

https://www.brilio.net/kepribadian/pengen-jadi-pemimpin-ini-lho-modal-utama-yang-harus-kamu-miliki-170506h.html

http://rickyanggili.blogspot.co.id/2014/02/kepemimpinan-mendengarkan-memahami.html