BISNIS ANTAR JEMPUT ANAK SEKOLAH

Cirebon Media – Ada banyak peluang usaha yang menguntungkan. Usaha yang ini bisa dijadikan ide usaha sampingan. Khususnya untuk karyawan atau pekerja kantoran yang butuh hasil tambahan. Bisnis antar jemput anak sekolah. Prospeknya jelas dan long term. Dalam menjalankan usaha antar jemput ini tidak terlalu ribet, Intinya adalah memberikan pelayanan kepada anak-anak. Seperti yang disampaikan oleh laras, seorang pengusaha antar jemput anak sekolah di Surabaya. Perempuan 43 tahun ini awalnya cuma iseng. Sebagai ibu rumah tangga, kesibukannya tidak banyak. Apalagi, putra-putrinya cukup besar, sudah duduk di bangku SMP.” Diantara yang bisa kita berikan kepada konsumen adalah Jaminan keamanan, komunikasi yang baik, kebersihan mobil dan perawatannya, serta wewangian dan musik khas anak sekolah.” demikian jelasnya.

Usaha  ini bisa dijadikan  sampingan. Khususnya untuk karyawan atau pekerja kantoran yang butuh hasil tambahan.

Sebagai usaha baru, coba pertimbangkan untuk bekerjasama dengan orang tua dan pihak sekolah. “Dari sana saya dapat ide. Pasti orang tua sangat terbantu jika ada jasa antar jemput anak yang bisa dipercaya. Dulu belum banyak bisnis antar jemput,” ujarnya. Laras memulai bisnis antar jemput tujuh tahun lalu. Satu unit mobil Kijang-nya dipercantik. Dia pun mulai menyebar brosur di sekolah anaknya. Biasanya syarat yang diberikan pihak sekolah tidak terlalu sulit. Cukup mempunyai mobil sendiri, Membuat perjanjian tertulis dan mengisi fomulir pembayaran dan bayaran fee per anak sekitar 2,5 % sampai 4 %. Untuk administrasi kegiatannya sendiri biarkan pihak sekolah yang mengelola dan mengkoordinir. Tentu disesuaikan dengan jumlah armadanya.

Laras memulai bisnis antar jemput tujuh tahun lalu. Satu unit mobil Kijang-nya dipercantik.

Beberapa temannya langsung tertarik. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan enam konsumen, hampir semuanya merupakan teman sekelas sang anak. “Orang tua mereka sudah kenal saya, jadi percaya,” ujarnya.Untuk yang tidak punya modal, atau modal pas-pasan, coba ajukan proposal kepada investor atau melalui kredit perbankan, tidak sulit selama kajian usahanya realistis.

Analisis Perkiraan Modal Dan Prospek Keuntungan sederhananya adalah, Investasi mobil, atau beli yang bekas,tapi yang masih bagus. Kemudian hitung biaya operasionalnya. Gaji supir, bahan bakar dan perawatannya. Setelah ketemu biaya variabelnya, hitung target konsumen dan terakhir tentukan harga. Dari semuanya kemudian dibuatkan casflow atau alur kas yang akan membawa kita pada hasil perbulannya. Seperti halnya Laras, sekarang usaha antar jemput itu kian menggemuk. Ia mengoperasikan tujuh unit kendaraan. Pekerjanya 9 orang. “Saya hanya bayar uang muka. Cicilannya didapat dari pembayaran konsumen. Satu mobil bisa menghasilkan Rp 6-7 juta. Cicilannya cuma Rp 4-5 juta,” ceritanya.

Setiap bisnis pasti ada hambatan dan rintangan. Hambatan yang mungkin terjadi adalah menjaga man power untuk selalu bekerja sesuai prosedur (buat standart SOP). Laras menjelaskan, usaha antar jemput bisa sukses jika selalu mengutamakan pelayanan. Jangan lupa pilih supir yang ramah dan komitmen untuk selalu tepat waktu. “Saya juga membelikan ponsel untuk para sopir. Saat anak terlambat pulang karena kegiatan tambahan di sekolah, sopir bisa mengontak orangtuanya. Sehingga orang tua di rumah tidak khawatir. Ini bagian dari pelayanan,” jelasnya.

Kendala yang mungkin terjadi adalah memuaskan anak-anak yang memakai jasa kita. Kalau perilaku supir dan kualitas penyajian kita selalu baik tentu anak-anak akan suka. Tapi jika standar pelayanannya buruk,  maka besar kemungkinan anak-anak itu akan menggunakan jasa angkutan yang lain yang lebih menawarkan kenyamanan. Yang pasti, konsumen usaha ini sudah jelas, utamanya adalah siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah atas yang membutuhkan kendaraan untuk pergi sekolah. Berani coba? yakinkan hati dan beranilah untuk berubah. Semoga manfaat.( The Carrier Light )

Oleh Arif Agustian

Shares
Share This