Cirebonmedia.com – Memasarkan bisnis, ini bukan perkara mudah. Karena kesalahan dalam program pemasaran bisa menyebabkan uang anda habis dan usaha tetap begitu-begitu saja. Ada 4 faktor utama dalam upaya memperkenalkan sekaligus memasarkan usaha anda. Tips singkat dari cirebonmedia.com div.promotion consultan dalam strategi memasarkan bisnis, gunakan media online dan offline. ada yang gratisan ada juga yang berbayar. Pasang semua informasi produk anda. buat kategori yang benar antara jasa dan bukan jasa. Jangan campur adukan materi promo dengan banyak kalimat yang membuat pembaca jadi makin pusing.

Ada perbedaan dalam penyajian antara media promosi online dengan media offline yang biasanya berbentuk, spanduk, baliho, banner, papan nama, brosur dll. Perlu diingat, promosi bukan hanya untuk menjaring pelanggan baru. Tapi lebih tepatnya untuk menjadikan mereka sebagai pelanggan loyal. Kunci utamanya adalah dipelayanan. Kita bisa saja  jor-joran iklan, dimana-iklan produk kita misalnya, tapi kualitas pelayanannya buruk, maka dipastikan hasilnya akan sia-sia.

Memasarkan bisnis, ini bukan perkara mudah. Karena kesalahan dalam program pemasaran bisa menyebabkan uang anda habis dan usaha tetap begitu-begitu saja.

Media online untuk promosi contohnya sosial media (FB, Instagram, Twitter, Google plus, WhatsApp, Telegram, Line, Pinterest, LinkedIn). Jika diperlukan buat website company profile.

Foto : indofastadvertising

Setelah promosi beres, sekarang konsen di managemen. Perhatikan harga pesaing. Sebenarnya dalam usaha jasa, harga bukan faktor utama. Tidak jarang pelanggan setia akan rela merogoh kantong membayar sedikit mahal untuk layanan yang memuaskan. Tapi, jika selisih harga dengan pesaing terlampau tinggi, ya tetap saya konsumen akan mencari yang lain. Konsumen cenderung memilih harga murah untuk kualitas jasa yang setara. Jadi patok harga yang wajar saja. Tidak terlampau murah atau mahal, intinya buat mereka puas dengan layanan kita.

Oleh, Beti

@dari berbagai sumber