Improve Time Management

Related Post

Sumber : India Education

Memiliki Time Management dan perencanaan yang tepat akan mempermudah dan membantu menyelesaikan tugas yang kamu miliki.Apapun bidang yang kamu tekuni, kamu pasti akan dituntut untuk berperan aktif, dinamis, serta cekatan. Apalagi jika kamu hidup di kota besar.

Kegesitan dan kecekatan dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Belum lagi tenggat waktu yang bisa menambah stress. Maka, timbullah panik da cemas. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa mengatur waktu dan membuat rencana yang tepat.

Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membuat Rencana

Membuat rencana sebelum mengerjakan tugas yang harus dilakukan. Sebaiknya buatlah rencana dari jauh-jauh hari agar tau mana pekerjaan yang penting dengan yang kurang penting.

Selain itu, tentukan perencanaan dengan tepat. Dengan membuat perencanaan yang pasti, Kamu akan memiliki panduan yang jelas dalam menyelesaikan tugas. Usahakan setiap harinya fokus pada tugas yang harus dikerjakan.

2. Fokus Pada Tugas

Setelah selesai membuat perencanaan, fokus dan mulai menyelesaikan pekerjaan. Agar lebih efektif dan efisien, cobalah tentukan waktu yang butuhkan untuk menyelesaikan beberapa tugas. Jauhkan diri dari gangguan seperti HP, E-mail atau televisi supaya kamu bisa fokus untuk menyelesaikan tugas.

3. Tidak Menunda Pekerjaan

Jangan menunda pekerjaan, sekali menunda, pasti akan berefek terhadap pekerjaan lainnya. Kamu bisa melakukan beberapa trik agar tidak terjebak dalam penundaan,.

4. Berani Mengatakan Tidak

Bila kamu memiliki Time Management yang baik, jangan heran jika kamu diminta banyak bantuan oleh rekan kerja karena melihat kamu rajin dan bekerja dengan efisien. Jika mengalami hal tersebut jangan takut mengatakan “Tidak”, jika terlalu sering diminta bantuan rekan kerja.

5. Perhatikan Deadline

Melihat jadwal deadline pekerjaan bisa membuat kamu frustasi. Tugas-tugas akan selesai tepat waktu jika kamu benar-benar mengikuti tenggat waktu yang telat diberikan. Namun, tidak ada salahnya untuk membuat deadline sendiri, sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari deadline sebenarnya.

6. Mengelola E-Mail

Kehidupan di kantor tidak lepas dari notifikasi e-mail yang tertera pada komputer. E-mail bisa mengganggu konsentrasi saat kerja. oleh karena itu, buatlah jadwal untuk mengecek dan membalas e-mail.

Sebaliknya luangkan waktu tersendiri untuk mengecek dan membalas e-mail di waktu pagi dan sore. Membalas e-mail pun membutuhkan ketenangan berpikir. jangan sampai salah menulis atau membalas e-mail klien.

7. Pahami Ritme Kerja

Ketahuilah ritme bekerja kamu, ketahui kapan kamu lebih lancar mengerjakan tugas di pagi hari atau di sore hari. Perlu diingat ritme kerja bisa mempengaruhi dalam menyelesaikan tugas.

8. Review Kembali Aktivitas

Setelah menyelesasikan semua tugas sesuai rencana yang sudah dibuat, jangan lupa untuk menandainya. Lalu ingat-ingat kembali tugas yang belum dan sudah dikerjakan.

 

Sumber : Her World Magazine, Tagline Fun Fearless Worker

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This