Work Life Balance

Bercita-cita memiliki karir yang sukses sangat bagus untuk kamu, terkadang untuk mewujudkan itu kamu harus berusaha sangat keras sampai melewati batas kehidupan pribadi dan kekuatan fisik kamu. Tetapi perlu kamu ingat bahwa manusia perlu waktu untuk berpikir, bersantai, dan beristirahat. Jika semua itu tidak tercukupi, tentu saja produktivitas akan menurun.

Kamu perlu membatasi diri untuk mempunyai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karir kamu. Keseimbangan bukan berarti kamu harus memisahkan keduanya tetapi menemukan cara untuk menghubungkannya.

Nikmati Hasilnya

Karir merupakan bagian penting dalam kehidupan, jangan hanya bekerja keras untuk mendapatkannya, tapi juga kamu perlu bersenang-senang menikmati hasilnya. Jangan jadikan pekerjaan kamu tampak membosankan dan tidak ada ujungnya.

Istirahat

Jangan takut untuk sejenak mencabut diri kita dari dunia yang tidak pernah tidur untuk membantu kita pulih dari stres berkepanjangan. Beristirahat dapat membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih segar. Saat pekerjaan menuntut kamu kembali, ide-ide akan terlahir dengan sendirinya karena tubuh dan pikiran kamu sudah siap lagi bekerja.

Ciptakan Rutinitas

Buatlah rutinitas untuk menjadi patokan keseharianmu, kebiasaan itu membantu kamu ada di jalur untuk dapat mempunyai keseimbangan yang kamu inginkan. Seperti tidur selama 8 jam, olahraga, berkumpul bersama teman-teman yang dapat membuatmu sehat dan juga semangat.

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Selain waktu untuk bekerja, luangkan waktu juga untuk diri sendiri. Kamu harus memprioritaskan kegiatan atau hobi yang membuatmu bahagia. Misalnya sempatkan waktu untuk mencari dan mengumpulkan barang-barang koleksimu atau sekedar bersepeda di pagi hari.

Berkumpul Bersama Keluarga atau Teman

Tertawa bersama teman atau keluarga dapat mengurangi stres. Kamu harus yakin kalau mereka juga membutuhkan kehadiranmu, berkumpullah bersama mereka dan bicarakan hal-hal di luar pekerjaanmu.

Hidup hanya sekali, jangan terlalu larut dalam hal yang dapat membuatmu stres dan sulit. Menjaga keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadimu sangatlah penting, sesekali kamu perlu melakukan sesuatu seperti yang telah disebutkan di atas. So, jangan patah semangat sahabatku.

Sumber : www.topkarir.com
Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This