Cara Agar Presentasi Berjalan Sukses

Jika kamu adalah tipe orang yang mudah grogi dan takut untuk berbicara di depan banyak orang, tentunya melakukan presentasi di depan bos atau kolega merupakan hal yang paling tidak disukai.

Padahal, kegiatan tersebut bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya membutuhkan beberapa persiapan secara matang agar presentasi yang dilakukan berjalan dengan baik dan sukses. Berikut ini beberapa tips bermanfaat untukmu tentang bagaimana cara mempersiapkan dan melakukan presentasi di tempat kerja.

Selesaikan Pekerjaanmu Secepatnya

Jika memiliki pekerjaan yang menumpuk, sebaiknya segeralah diselesaikan. Jangan sampai menyelesaikanya saat berdekatan dengan hari dimana presentasi akan dilakukan. Hal ini untuk menghindari aktivitas yang membuatmu kewalahan. Sehingga nantinya kamu bisa lebih fokus untuk menyiapkan materi dan segala sesuatu yang dibutuhkan saat presentasi.

Jadilah Orang yang Terorganisir

Dapat mengatur waktu dengan baik juga merupakan kunci sukses agar dapat menyiapkan materi presentasi secara sempurna. Pergunakanlah waktu kamu sekitar 1-5 jam untuk mempersiapkan materi presentasi, mulai dari pembuatan power point hingga cue card. Jangan lupa untuk menyimpan data-datanya dengan benar, baik itu disimpan di dalam cd, dekstop, maupun di dalam sebuah flashdisk. Membuat hard copy juga penting untuk dilakukan. Jadi pastikanlah waktu yang ada dipergunakan dengan maksimal.

Gunakan Ilustrasi dan Grafik

Ilustrasi, gambar, grafik dan statistik lainnya dapat membantu melengkapi data-data yang akan dipresentasikan. Banyak orang yang membuat power point presentasi dengan polos tanpa adanya gambar, ilustrasi, dan sebagainya. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa jenuh bagi pendengarnya. Jadi sebaiknya gunakanlah ide kreatifmu untuk membuat power point presentasi secara atraktif.

Jadilah Orang yang Informatif

Banyak orang yang selau bekerja keras mengumpulkan informasi berharga untuk membuat power point presentasi. Mereka percaya bahwa audients ingin mendengar semua informasi tersebut. Namun sebaiknya kamu memilih informasi yang terbaik. Sehingga saat presentasi nanti kamu hanya menjelaskan materi yang penting.

Pastikan Informasi Tersampaikan dengan Baik

Saat melakukan presentasi, pastikan di setiap slide yang ditampilkan kamu menjelaskannya dengan benar. Jangan sampai ada informasi yang terlewatkan, kamu juga perlu memastikan bahwa cara kamu melakukan presentasi dapat menarik perhatian.

Penulis : Afip Maulana
Sumber :www.idiva.com