Inilah Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Dari Menulis

Menulis bagi sebagian orang memang aktivitas yang membosankan. Tapi, bagi sebagian orang menulis merupakan aktivitas rutin yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian. Mereka yang bosan bisa jadi belum bisa merasakan manfaat menulis. Sebaliknya, menulis bagi mereka yang menjadikannya kegiatan keseharian sudah bisa merasakan manfaat dari kegiatan menulis. Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dari menulis?

1. Menyalurkan Hobi

Bagi yang sudah memiliki hobi menulis justru kamu akan pusing atau ada yang kurang dalam hidup kamu jika tidak menulis. Orang yang sudah memiliki hobi menulis akan lebih mudah menulis dibandingkan orang yang tidak memiliki hobi menulis. Lalu, bagaimana dengan kamu yang tidak hobi menulis? Mudah saja, jika kamu ingin menulis kamu harus suka dulu untuk menulis. Paling tidak menanamkan rasa suka menulis dulu dalam jiwa dan hati kamu sebelum menulis. Maka, dengan sendirinya kegiatan menulis akan menjadi hobi kamu.

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Modal awal menulis selain mengamati adalah dengan banyak membaca. Tanpa membaca kamu akan kesulitan untuk menulis. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga dapat berpengaruh pada bentuk tulisan kamu dan kualitas tulisan kamu. Bagi mereka yang jarang membaca tentu akan berbeda hasil tulisannya dengan mereka yang gemar membaca. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas kamu dituntut untuk banyak membaca. Dengan demikian, kamu akan menjadi individu yang berwawasan dan berpengetahuan luas yang tentunya akan berpengaruh untuk menjalani kehidupan dan menyelesaikan permasalahanmu.

3. Menghilangkan Stres

Kegiatan menulis dapat meluapkan apa isi hati dan apa yang kita pikirkan. Bisa jadi apa yang kita adalah masalah-masalah yang sedang terjadi pada kita. Dengan menuliskan hal-hal tersebut paling tidak akan meringankan beban pikiran kita. Sehingga tingkat stress dapat terkurangi. Bagi kamu yang ingin memulai menulis pasti akan merasakan manfaat ini. Kamu akan merasakan masalah-masalah yang ada dihidupmu terkurangi dan secara tidak sadar akan mengurangi tingkat stress kamu.

4. Mendapatkan Uang

Nah, siapa yang tidak mau menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan. Banyak sekali wadah yang menampung tulisan kamu dengan imbalan honor. Baik media cetak, ataupun media online. Wadah ini dapat kamu manfaatkan, meski tidak selalu tulisan itu dihargai dengan uang. Namun, paling tidak kamu bisa menjadikan aktivitas ini sebagai kerjaan sambilan. Lumayan kan? Kamu sudah mendapatkan manfaat banyak dari menulis, dapat uang pula.

Penulis :Nisa