Kelas Online via Aplikasi Discord

Bams Putra Bams Putra
  • 9 bulan
  • 233
  • 0

Di era kecanggihan teknologi informasi yang kian cetar membahana seperti ini, kita telah hidup di dalam sebuah dunia baru bernama dunia virtual, membuat kita mampu memangkas jarak, melintas waktu dan secara ajaib membuat kita terhubung satu sama lain. Tak peduli kita sedang berada di belahan bumi yang mana pun juga, ASALKAN koneksi internet tersedia dengan lancar dan baik, maka kita pun akan dengan leluasa terhubung di sebuah ruang maya baik melalui aplikasi WhatsApp messenger, Line, Telegram, Facebook messenger, dan aplikasi chat lainnya. Ruang-ruang maya ini, membuat kita dapat leluasa berkumpul, berinteraksi secara langsung tanpa jeda, real time.

Yes, era digital telah teramat sangat membantu kita meretas keterbatasan-keterbatasan seperti yang tersebut di atas. Jarak tak lagi menjadi masalah, terutama dalam hal belajar secara online. Banyak sekali media untuk belajar online yang bisa kita pilih, mulai yang canggih dan butuh perangkat/software berbayar atau pun yang free of charge alias gratisan.

Kenapa memilih Discord?

Discord itu…, bisa menampung banyak banget anggota, ribuan, punya kualitas suara yang jernih dan bening banget! Selain itu, ngomong via Discord itu sama sekali gak delay! Real-time!

Dan karena kita ingin menyelenggarakan kelas online melalui teks dan suara, di mana pemateri bisa menjelaskan materinya melalui suara, sementara audience-nya bisa menyimak teks dan mendengarkan penjelasan langsung dari si pemateri, maka kita pilihlah Discord. Juga, kelas online ini akan menjadi hidup dan bersemangat pastinya, karena baik audience mau pun pemateri, bisa berinterasi langsung secara audio, jadi memang seperti sedang berada di dalam kelas gitu, deh! Hanya saja, kita ga bisa berada secara ‘body‘ di class room-nya.

How to start?

  1. Tentukan pilihan, apakah akan menggunakan layanan Discord ini melalui HP atau Desktop? Via desktop ada dua pilihan, mau diunduh dan install atau mau gunakan via browser saja (seperti menggunakan WhatsApp atau Telegram).
  2. Setelah menentukan pilihan, maka download aplikasinya di sini untuk Mac, di sini untuk Windows, atau ke Playstore atau App Store dan cari “Discord”. Ingat gambarnya tuh kayak banner di atas (yang ada tulisan “Discord Application”).
  3. Setelah install, bikin akunnya. Pilih nama yang disukai, dan jika masih availabel, berarti namanya disetujui. Jangan lupa catat juga empat angka di belakang tanda pagar misalnya @username#1234.

Oh iya, satu bocoran lagi, berdasarkan pengalaman selama menggunakan Discord, aplikasi kece ini bisa dipakai juga loh untuk japrian, video call atau voice call dengan orang-orang tersayang. Suaranya yang bening dan tanpa delay, bikin pengalaman berkomunikasi secara langsung terutama yang on voice dan video, jadi sangat menyenangkan! Coba, deh! Well, that is all for now! Selamat mencoba!

Sumber: Steemit