Komunitas Reptil Cirebon (KRC)

Cirebonmedia.com- Di Cirebon banyak sekali komunitas telah berdiri dan salah satunya adalah Komunitas Reptil Cirebon yang kini digawangi oleh Rouf sejak tahun 2014. Sebelum dipercaya memotori KRC, dirinya lebih dulu menjadi anggota KRC sejak tahun 2012. Selain menjalankan KRC, dirinya juga bekerja.

Berawal dari kesamaan hobby memelihara reptil, akhirnya terbentuklah KRC yang didirikan oleh Diki, Adi, Lilik, Api, dan Panji di tanggal 10 Oktober 2010. KRC kini berjumlah empat puluh orang terdiri dari mahasiswa dan pekerja yang biasanya mereka memelihara reptil sejak reptil masih baby.

KRC sering mengadakan sosialisasi ke sekolah – sekolah secara rutin tiap sebulan sekali. Semua jenjang pendidikan pernah disambangi KRC, dimulai dari SD, SMP, dan SMA atau sederajat, bahkan sampai perguruan tinggi.

“Biasanya, di sekolah kita jelaskan soal reptil impor dan lokal, jenis – jenis reptil, seperti kadal, kura – kura, iguana, dan yang lainnya, cara menangkap, dan cara mengobati bila diserang, misal bagaimana cara mengobati saat digigit ular. Kita juga bawa contohnya, tapi pasti yang sudah aman. Jinak,” ujar Rouf sambil bersantai setelah berolahraga lari pagi.

KRC yang berdomisili di Plumbon membuka peluang bagi kawan – kawan pecinta reptil untuk bergabung bersama KRC dengan syarat tidak takut reptil dan memiliki reptil sendiri, namun jika tidak punya maka KRC siap mencarikan.

“Saya sendiri merasa selain dapat menyalurkan hobby, punya banyak teman, ilmu reptil bertambah, juga bisa menjadi ladang usaha dengan jual beli reptil,” ujarnya mengakhiri obrolan.

 KRC dapat dihubungi melalui Facebook Komunitas Reptil Cirebon.

Oleh: Susan

Shares
Share This