Jurusan Tepat, Kita Hebat

Memilih Jurusan Yang Tepat – Pendidikan bagaikan hutan belantara yang kita sedang berada di dalamnya. Terkadang kita tidak tahu jalan yang kita ambil adalah jalan yang benar atau salah. Yang kita tahu hanyalah cerita dari orang lain, bahwa jika kita mampu melewati hutan itu dan berada pada jalan yang benar, kita akan menemukan harta karun kebahagiaan. Ya, hanya itu.

Ada orang yang mampu melewati hutan itu dengan selamat dan sampai pada harta karun yang ditujunya. Dan ada juga yang berhasil keluar dari hutan tersebut, namun hanya sebatas keluar saja tanpa berhasil menemukan harta karun. Ada yang justru tersesat, jangankan untuk mencari harta karun, menemukan jalan keluar dari hutan pun terasa membingungkan. Dan yang lebih parah adalah orang yang gugur dalam menemukan harta karun dan jalan keluar karena sulitnya medan yang harus dihadapi.

Sebenarnya, sangatlah wajar dan hampir semua orang pernah merasakan kebingungan ketika menempuh pendidikan. Itu artinya kita memikirkan masa depan. Kita mungkin akan bertanya pada diri sendiri apakah jurusan yang kita pilih ini sudahlah benar dan sesuai dengan mimpi dan kapasitas kita, atau kita ada pada jurusan yang salah. Justru menjadi hal yang aneh jika kita tidak pernah memikirkan hal tersebut sama sekali.

Pilihlah Jurusan yang Tepat

Proses pemilihan jurusan bagi setiap orang tentu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang masuk jurusan tertentu karena memang suka dengan bidang keilmuannya, ada yang mungkin terpaksa karena keadaan ekonomi sehingga memilih jurusan yang paling terjangkau, ada yang memilih jurusan yang paling relevan dengan tempat kerja yang diinginkan nantinya, ada yang dipaksa oleh orang tuanya, dan mungkin tidak sedikit pula orang yang memilih jurusan karena nama jurusannya terdengar keren.

Pahami Jurusan yang Akan Kamu Pilih, Perhatikan Faktor Terpenting

Selayaknya sebelum kita akan memilih suatu jurusan, kita sudah tahu dan paham betul tentang jurusan tersebut. Mulai dari dasar ilmu apa saja yang harus dikuasai, skill apa yang nantinya dapat kita peroleh, dan profesi apa saja yang relevan dengan jurusan yang kita ambil setelah lulus nanti.

Selain Itu,

Itu adalah faktor-faktor terpenting yang harus benar-benar kita pahami sebelum memilih jurusan. Tapi selain itu, ada faktor lain yang tidak kalah penting. Ya, cita-cita, minat, dan kemampuan kita. Kita harus mengenali diri kita sendiri terlebih dahulu. Mau kemana kita? Mau jadi apa kita? Sebenarnya apa yang kita suka? Pastikan kita tahu jawabannya. Setelah kita tahu arah dan tujuan kita, barulah kita sesuaikan dengan jurusan yang akan kita pilih. Ya, begitulah seharusnya.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This