petis udang

Sejarah Petis Udang
Petis terbuat dari bahan udang kecil atau yang dikenal dengan rebon. Petis yang berbahan dasar udang disebut petis udang. Namun ada juga petis yang dibuat dari bahan  ikan, dan ditempat lain petis juga dibuat dari daging sapi.

Sebagai kuliner asli Indonesia, petis menyimpan ‘misteri’ tentang asal usulnya. Ada beberapa versi  yang menjelaskan tentang asal usul petis. Salah satu literatur babad Cirebon menjelaskan bahwa, petis ada sejak zaman kerajaan Padjajaran. Tepatnya saat pangeran Walangsungsang atau yang dikenal dengan pangeran Cakrabuana bertahta. Raja Padjajaran yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi berkuasa sekitar abad ke 14 masehi.  Itu berarti keberadaan petis sudah 600-an tahun.

Pada masa itu kuwu Cairebon (sebutan Cirebon pada masa lampau) mempersembahkan hasil tangkapan para nelayan di wilayah utara Cirebon kepada raja, sebagai bentuk upeti kepada negara. Upeti itu berupa gelondongan udang rebon yang di rebus. Sisa air dari rebusan itulah yang kemudian diolah mejadi petis. Ditemukannya petis pada masa ini erat kaitannya dengan awal mulanya keberadaan terasi, sebab udang gelondongan yang diserahkan kepada raja tersebut yang kemudian disebut sebagai terasi, asal kata terasih yang berarti dikasihi.

Menilik dari asal mula kota Cirebon yang dulu disebut dengan Cairebon, yang terdiri dari dua kata yaitu Cai yang berarti air dan rebon yang berarti udang kecil. Dari literature ini dapat disimpulkan bahwa petis memang berasal dari Cirebon. Sumber lain menyebutkan bahwa petis berasal dari nelayan pantura, terutama wilayah sidoarjo yang selama ini terkenal sebagai penghasil petis. Awal munculnya petis disana sama dengan yang terjadi di Cirebon, semua karena ketidaksengajaan. Yaitu saat para nelayan kewalahan menangani hasil tangkapannya, kemudian terbersitlah ide untuk merebus hasil tangkapan itu biar lebih awet. Dari situi ternyata dapat menghasilkan produk sampingan berupa limbah air bekas rebusan. Kemudian air sisa rebusan itu diberilah bumbu oleh para istri nelayan, dari situlah awalnya petis muncul.

Di sidoarjo sendiri bahan dasar untuk membuat petisberbeda dengan petis di daerah lain. Di sidoarjo petis dibuat dari kupang (Corbula Faba) atau kerang yang berukuran kecil. Hal ini berbeda dengan petis Cirebon yang dibuat dari bahan dasar udang rebon.

Petis Warisan Untuk Indonesia
Soal-asal usul darimana petis itu tidak penting. Jelasanya petis sudah menjadi jenis dari kuliner yang khas, yang ada di Indonesia, berbeda dengan trasi (produk utamanya) yang juga dikenal di wilayah asia tenggara.

Petis telah memperkaya kuliner Indonesia, apalagi petis dijadikan bumbu untuk beberapa menu makanan seperti rujak cingur, ayam bumbu petis, dan menu lainnya. Selain itu petis memang cocok untuk cocolan menyantap gorengan. Petis ini jauh lebih enak dibanding dengan saus tomat, apalagi jika melihat bahan dasarya yang kaya akan protein. Petis ini menjadi alternatif pengganti saus maupun mayonise, bukan sekadar karena ikatan budaya namun kandungan petis memang gizinya jauh lebih tinggi dibanding dengan saus ataupun mayonise. Yuk kita lestarikan kuliner lokal.