Cirebonmedia.com– Kota Cirebon merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. 3 Keraton yang berdiri kokoh melambangkan peradaban maju tempo dulu. Taman Sunyaragi sebuah taman yang sebagian besar bangunannya menggunakan batu karang yang mungkin hanya ada satu-satunya di dunia terdapat di kota ini. Satu lagi yang unik ialah camilan khas yang dikenal dengan nama kerupuk melarat.

Pada umunya kerupuk merupakan makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Kerupuk melarat memiliki tekstur yang tak jauh berbeda dengan kerupuk lain pada umumnya, camilan ini memiliki rasa gurih dan yang membedakan dari kerupuk lainnya ialah terletak pada proses pembuatanya. Dari tepung tapioka yang menjadi bahan dasar, Kerupuk ini memiliki beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau yang diberi bumbu seperti bawang putih, garam, ketumbar, dan bawang merah. Dengan proses penggorengan yang unik, digoreng tidak menggunakan minyak goreng, akan tetapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan dan penyaringan dengan cara diayak. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan menambahkan sambal asam sebagai pendampingnya.

krupukmlarat 500X500 Menurut cerita yang beredar di masyarakat karena proses pengolahan itulah, masyarakat Cirebon menyebutnya dengan sebutan kerupuk melarat. Nama kerupuk melarat sendiri lahir karena harga minyak goreng yang saat itu mahal. Tidak semua lapisan masyarakat di Cirebon pada saat itu bisa mendapatkan minyak karena harganya yang selangit. Hal tersebut yang kemudian mendorong masyarakat Cirebon membuat inovasi dengan memasak kerupuk menggunakan pasir.

Makan yang satu ini mulai berkembang dan menjadi primadona bagi masyarakat, tak hanya masyarakat Cirebon dan sekitarnya saja, namun camilan ini juga digemari oleh wisatawan lokal dari berbagai daerah yang berkunjung ke Cirebon untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan sanak saudara tercinta.

 

 

Image By: Google.com