Cirebonmedia.com- Makanan tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena makanan merupakan sumber energi bagi manusia untuk tetap hidup dan dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Di dalam sebuah makanan, terdapat beragam kandungan vitamin hingga nutrisi yang baik bagi tubuh tak terkecuali tahu.

Tahu merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang memiliki mutu protein terbaik karena didalamnya terdapat 85-98% kandungan asam amino, menurut beberapa penenelitian tahu merupakan makanan yang dapat mencegah kanker payudara dan dapat memperlambat proses penuaan pada wanita.

Di Indonesia kita akan menemui banyak sekali makanan berbahan baku tahu, salah satunya Kerak Tahu atau masyarakat Cirebon biasa menyebutnya intip Tahu, Intip tahu adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang sangat digemari oleh berbagai macam kalangan baik masyarakat ekononi kebawah dan ekonomi keatas.

Dengan harga yang relatif murah yaitu Rp.1.500 – Rp.2.000 pembeli sudah dapat menikmati kelezatan dari makanan yang saat ini sangat sulit didapatkan meski di daerah asalnya. Dengan variasi jenis rasa diantaranya Original,Jamur, Dage,ikan ayam dan maaih banyak lainya.

Sesuai namanya, intip tahu berbahan dasar endapan tahu yang direndam selama tiga jam. Diramu menggunakan bumbu-bumbu penyedap serta potongan cabe rawit yang  akan menggugah selera penikmatnya, intip tahu kemudian dibungkus dan dipepes selama beberapa saat. Dan di panggang, Makanan ini akan  lebih nikmat jika disajikan dengan sayur asam hangat dan dipadu dengan kerupuk udang serta pepes tahu.

Kerak Tahu merupakan Makanan Khas dari wilayah Timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Cipeujeh Kecamatan Lemah Abang. Di Desa Cipeujeh, terdapat banyak warung yang secara khusus menyajikan Pepes Kerak Tahu atau yang berbahan dasar Tahu.

Bagi anda yang berkunjung ke Kota cirebon jangan sampai melewatkan makanan ini ,dijamin enak dan lezat serta sehat bagi kesehatan untuk menikmati salah satu jajanan tradisional kota cirebon pengunjung disarankan untuk datang Antara pagi hari hingga menjelang sore, karena menurut pengalaman sebelumnya Pepes intip tahu ini akan habis dengan cepat diserbu oleh pembeli setia nya.

41 Total Views 6 Views Today