Cirebonmedia.com Musim penghujan telah datang di hampir seluruh kota di Indonesia tak terkecuali kota Cirebon , di cuaca dingin memang cocok mencoba berbagai jenis makanan atau minuman yang dapat menghangatkan badan salah satunya  bandrek susu, Bandrek sendiri adalah salah satu minuman dengan ciri khasnya, yakni disajikan di saat malam hari untuk menghangatkan badan. Dengan bahan-bahan pembuatnya yang berasal dari rempah-rempah alami serta menyehatkan, tidak heran jika minuman ini banyak ditemui di berbagai caffe maupun restoran.

Kombinasi antara racikan rempah khas Indonesia dengan susu yang menyehatkan, tentu minuman ini sangat patut untuk dikonsumsi. Karena sering disajikan dalam cuaca yang dingin, tidak heran jika minuman bandrek dengan susu ini sering kita jumpai di kawasan-kawasan dengan nuansa yang dingin, seperti pegunungan. Berikut cara membuat bandrek susu untuk menghangatkan badan di tengah cuaca dingin.

Bukan hanya nikmat wedang bandrek memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya mengobati demam, sakit kepala/ influenza, masuk angin, mengobati stres dan masih banyak lagi.

Kita pun dapat membuat nya sendiri dengan mudah Bahan-bahan dalam membuat Bandrek Susu antara lain : Air mineral sebanyak 1 liter, Gula merah sebanyak 350 gram yang disisir halus, Batang serai sebanyak 3 batang kemudian digeprek, Jahe bakar sebanyak 80 gram kemudian digeprek, Garam sebanyak ½ sdm, Daun pandan sebanyak 1 lembar (Sebelum digunakan, dibersihkan terlebih dahulu), Susu kental manis vanila (Secukupnya, disesuaikan dengan jumlah bahan lainnya agar pas)

Dan berikut Cara Memasak Resep Bandrek Susu Untuk Menghangatkan Badan : Dalam memasak resep bandrek susu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merebus dalam panci, gula bersama air hingga menididih.

Image By: Google.com

Image By: Google.com

Setelah air mendidih, tambahkan daun pandan yang dapat anda buat menyerupai pita, jahe bakar yang telah dimemarkan beserta batang serai. Kemudian aduk larutan air gula merah tersebut beberapa kali saja.

Kemudian, masukkan garam sesuai dengan selera anda dan aduk kembali minuman bandrek dalam panci.

Jika rasa yang dihasilkan sudah pas dan bahan beserta bumbu telah teraduk rata, maka matikan api dan angkat bakal minuman bandrek ini.

Anda bisa meletakkannya di teko atau tempat lainnya. Penyajiannya, bisa anda lakukan diatas gelas bersih.

Untuk tahapan terakhir, anda bisa menambahkan susu kental manis pada bandrek yang telah siap anda minum. Dengan begitu, minuman ini siap untuk anda minum di tengah cuaca dingin bersama keluarga.

 

21 Total Views 3 Views Today