Cirebonmedia.com- Kuliner merupakan sesuatu yang banyak diburu orang, Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan atau minuman, di Indonesia sendiri merupakan negara yang terkenal sebagai surga nya kuliner dan salah satunya adalah Kuliner Cirebon yang memiliki varian menu masakan lezat yang wajib di coba.

Kuliner Cirebon sendiri memiliki sejarah panjang salah satunya ialah Nasi Jamblang. Kuliner Cirebon yang satu ini memiliki cerita tersendiri, nasi jamblang pertama kali dibuat pada tahun 1847, saat dimana pemerintah Belanda menguasai daerah Cirebon dan sekitarnya yang pada masa itu sedang melaksanakan proyek pembangunan pabrik gula di daerah gempol, palimanan, Kab. Cirebon serta pembangunan jalan raya Deandles dari Anyer ke Panurukan.

Awalnya nasi jamblang  diperuntukan bagi para pekerja paksa pada masa penjajahan belanda pada saat itu, Nasi Jamblang awalnya dibungkus dengan daun pisang, namun dengan metode pembungkusan yang berbahan dasar daun pisang tidak bisa bertahan lama karena hal tersebut membuat nasi menjadi lebih cepat basi. Kemudian digantikan dengan dibungkus  daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal tersebut dikarenakan tekstur  daun jati yang memiliki pori-pori dan hal itu dapat membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Saat ini banyak sekali tempat kuliner Cirebon yang menyediakan nasi jamblang sebagai kuliner khas Cirebon, salah satu tempat kuliner yang menawarkan nasi jamblang dengan kelezatan dan cita rasa yang tiada tara yaitu Jamblang Wahid yang berlokasi di Jl. Wahidin, Kota Cirebon. Jamblang Wahid merupakan tempat kuliner Cirebon yang menyajikan menu nasi jamblang dengan beragam lauk dan pauk sebagai pendampingnya. Rasa yang dimiliki setiap menu yang ada di Jamblang Wahid sangat memanjakan lidah karena dimasak oleh tangan-tangan handal serta masih mempertahankan resep asli dari nasi jamblang itu sendiri.

Menurut Ismayasari, selaku Owner Nasi Jamblang Wahid mengatakan “Dengan nama Wahid yang artinya satu atau jadi nomor satu, mudah diingat karena terletak di jalan wahidin. Nasi Jamblang Wahid memiliki perbedaan dari nasi jamblang lainya, yaitu Jamblang Wahid menawarkan 2 varian menu sambal yaitu sambal goreng seperti biasa serta yang menarik adalah varian kedua, merupakan sambal yang banyak digemari di Indonesia yaitu Sambal pete yang pedas.

Solusi kuliner Cirebon
Solusi kuliner Cirebon

Jamblang Wahid memiliki fasilitas yang membuat para pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama seperti:

  • Tempat yang strategis
  • Area Parkir Luas
  • Free Hotspot
  • Tempat ibadah
  • Meeting room
  • Live music
  • Serta mampu menampung 300 pengunjung

Tunggu apa lagi? rasakan cita rasa lezat dan fasilitas yang sangat memanjakan pengunjung, dari Jamblang Wahid. Anda bisa langsung datang ke Jamblang Wahid yang beralamatkan di Jl. Wahidin, No. 39 Kota Cirebon.

 

Jamblang Wahid:

Alamat :  Jl. Wahidin, No. 39 Kota Cirebon.

Telp:  (0231) 225334/ 081380393373

1266 Total Views 1 Views Today