Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar sate kalong? Nama makanan yang unik yang bikin orang penasaran untuk mencoba. Buat kamu pecinta kuliner wajib mencoba salah satu makanan khas Kota Cirebon ini. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa sate ini diberi nama Sate Kalong. Ternyata ada sejarahnya loh.

Awal mulanya adalah karena penjual sate ini hanya keluar pada saat sore hari atau saat matahari tenggelam seperti halnya kalong (kelelawar) yang beraktivitas di malam hari, penjual sate ini pun hanya berjualan di malam hari. Penjual sate tersebut juga memilki ciri khas tersendiri yaitu menggantungkan genta (klenengan) sapi pada pikulan si penjual tersebut. Sehingga pada saat mereka berjalan akan terdengar bunyi genta sapi tersebut.

Walaupun namanya sate kalong, bukan berarti sate kelelawar ya. Bahan dasar sate ini adalah dari daging kerbau, jadi kamu tidak perlu ragu atau jijik untuk mencobanya. Rasa sate kalong ini mirip dengan rasa dendeng. Ada dua rasa sate kalong, yaitu rasa manis dan rasa asin. Rasa manis dari sate kalong ialah diambil dari daging kerbau, sedangkan yang rasa asinnya diambil dari kikil kerbau.

Seperti sate pada umumnya, sate kalong disajikan dengan sambal kacang, namun yang membuat sate ini lebih sedap lagi adalah tumisan bumbu yang telah dihaluskan, seperti lengkuas, daun salam, gula merah dan larutan asam jawa yang terlebih dahulu di oleskan pada daging sebelum dibakar. Pastinya akan menambah aroma harum yang khas ketika dibakar.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mencoba? sudah terbayang bukan bagaimana lezatnya sate kalong yang sangat menggugah selera ini. Khususnya para pecinta kuliner, wajib mencicipi sate khas Cirebon ini. Kamu bisa membeli sate kalong untuk disantap dengan nasi hangat bersama keluarga di malam hari.

Kuliner yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi warga cirebon, namun untuk kamu yang sedang berkeliling di Kota Cirebon sempatkanlah untuk menyantap sate kalong ini.

 

Sumber:

http://www.pintuwisata.com/sate-kalong-kuliner-enak-khas-cirebon