Teknik Foto Low Light

Cirebonmedia.com – Fotografi dapat diistilahkan melukis dengan menggunakan cahaya. Artinya jelas bahwa baik atau tidaknya hasil foto kita terhadap sebuah objek, sangat dipengaruhi dengan kondisi cahaya di sekitar objek. Seringkali obyek menarik datang dalam situasi dimana kita harus memotret dalam kondisi minim cahaya dan kita tidak ingin atau tidak bisa menggunakan flash, padahal kita ingin menghasilkan foto yang tetap tajam. Obyek seperti view kota saat malam yang indah, konser musik di malam hari atau suasana pesta sayang dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan melalui jepretan kamera. Berikut adalah tips untuk bisa tetap menghasilkan foto yang optimal dalam kondisi minim cahaya:

Atur Shutter Speed Rendah

Dengan menggunakan shutter speed rendah Anda akan mendapatkan cahaya lebih banyak sehingga foto Anda akan tampat terang. Namun jika menggunakan speed rendah sangat dianjurkan menggunakan tripod karena sangat tidak mungkin Anda memegang kamera dengan speed rendah tanpa menimbulkan getaran.

Gunakan ISO Tinggi

Anda dapat meningkatkan ISO pada kamera Anda. ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO, maka semakin sensitif sensor terhadap cahaya. Namun jika menggunakan ISO tinggi akan menimbulkan noise pada foto, hal ini dapat diminimalisir dengan menggunakan software noise reduction. Beberapa kamera sudah mampu menggunakan ISO tinggi, tanpa menimbulkan noise pada foto. Jadi Anda dapat menggunakan cara ini, sampai pada titik dimana noise masih bisa Anda terima.

Teknik Foto Low Light
Teknik Foto Low Light

Memakai Lensa Dengan Bukaan Besar

Bisa dibilang ini cara yang paling umum dan paling baik. Dengan bukaan aperture yang lebar, Anda dapat meningkatkanshutter speed nantinya. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan foto yang lebih tajam, dan tidak blur karena pergerakan objek. Misalkan saja lensa dengan bukaan 1.8, atau bahkan 1.4. Namun kelemahannya adalah pada sisi harga. Lensa berbukaan besar relatif mahal. Namun jika Anda tidak masalah dengan harga, cara ini bisa dibilang cara yang paling pantas dicoba.

Gunakan Format RAW

Untuk foto dimalam hari dengan kualitas agus dapat menggunakan format RAW, karena format ini selalu digunakan untuk memotret dengan kualitas gambar terbaik. Format RAW artinya foto Anda mengandung lebih banyak informasi yang dapat diolah dengan leluasa oleh software seperti Adobe Camera RAW dan Canon Digital Photo Profesional, selain itu Anda dapat mengubah white balance dengan mudah.

Shares
Share This