Pameran dan Diskusi Seni Rupa Iskandar Abeng dan Seniman Cirebon

Cirebonmedia.com- Senin 09 Mei 2016 bertempat di lantai 3 Gramedia Cipto Kota Cirebon, diselenggarakan Pameran serta Diskusi Seni Rupa Gugat Bersama Iskandar Abeng dalam acara turut di hadiri oleh Seniman-seniman Cirebon, Mahasiswa dan para komunitas seni Cirebon lainnya.

Iskandar Abeng Memiliki kesadaran terhadap persoalan mederinitas baik dalam ranah sosial, budaya, maupun teknologi. Pada masa awal karya-karyanya lebih cenderung minimalis banyak mengangkat atau menghadirkan tanda-tanda simbol benda-benda sepele seperti selang, keran air dan lain-lain dengan latar belakang yang kosong dan datar.

Namun pada pameran saat ini ia mencoba mengungkapkan simbol tradisi dan modern. Menurut Nurdin salah seorang budayawan Cirebon dan salah satu wartawan yang bergelut pada bidang seni, berbicara tentang lukisan ia mencoba menceritakan  tentang perbedaan  kondisi Cirebon tempo dulu dan saat ini. Dahulu terdapat generasi Affandi yang menceritakan emosional penduduk Pantura. Dan saat ini adalah generasi iskandar abeng yang memiliki konsep yang kekinian, yang memggabungkan sejarah dengan keadaan saat ini. Atau gabungan nilai tradisi dengan benturan peradaban saat ini.

Karya seniman Cirebon
Karya seniman Cirebon

Menurutnya sejak ratusan  tahun silam Cirebon telah mengalami globalisasi, mengingat dahulu Cirebon merupakan pusat perdagangan internasional, yang sangat mempengaruhi lukisan- lukisan para seniman pada masa itu.

Dan turut hadir pula Daniel Adenis salah seorang seniman, yang turut pula dalam acara diskusi, menurutnya karya dari Iskandar Abeng tidak menggunakan teknik perspektif dan lebih cenderung datar. Korelasi dengan unsur budaya, Pada karya saya adalah manusia modern yang tak terlepas oleh identitas sebagai manusia yang ketergantungan akan teknologi yang digambarkan pada karya- Karya saya. Kata iskandar Abeng.

Iskandar Abeng berterimakasih kepada para pengunjung yang hadir dalam  dalam workshop lukisanya. Semoga dengan adanya diskusi tentang seni seperti ini, seni Cirebon menjadi lebih berkembang dengan ciri khasnya. Dan dapat mendunia karena keindahannya yang diakui dunia.

Shares
Share This