Tips Mudah Membuat Sketsa Wajah

Cirebonmedia.com- Seni adalah suatu keindahan yang ada di dunia, tercipta dari tangan dan kreatifitas manusia. Seni sendiri dibagi ke beberapa bagian dan salah satunya ialah seni lukis. Seni lukis sendiri memiliki beragam varian dan salah satu yang populer adalah Sketsa Wajah.

Menggambar sketsa adalah bagian dasar dari menggambar, sedangkan menggambar adalah kegiatan dasar dari seni rupa, baik seni rupa berbentuk dua dimensional maupun tiga dimensional. Pikiran seorang seniman dapat divisualisasikan dalam wujud sketsa hanya dengan menggunakan secarik kertas dan sebuah pensil.

Kegiatan manusia membuat sketsa telah menjadi tradisi sejak zaman Renaissance. Seniman tradisional di Indonesia, khususnya di Bali sudah membuat sketsa sejak zaman dahulu yang disebut ngreka. Kegiatan pembuatan sketsa ini mendahului kegiatan melukis tradisional. Seniman melakukan Ngreka dengan membuat berbagai bentuk di atas kanvas tradisional, ngereka ini menggunakan alat tajam dari bambu yang diraut untuk dipakai sebagai pena. Tintanya terbuat dari jelaga yang dicampur dengan cairan perekat ancur. Saat ini bahan-bahan tradisional tersebut telah diganti dengan alat dan bahan yang lebih modern, peralatan berupa pena dan bahan berupa tinta Cina hitam.

Sketsa sendiri bermacam-macam ada sketsa wajah, benda, dan pemandangan. Sketsa Wajah muncul sebagai yang nomor satu karena mampu menarik perhatian banyak orang dengan menampilkan sesosok wajah dari suatu individu. Wajah sendiri bagian dasar dari anatomi manusia, dan menampilkan berbagai emosi. Wajah manusia umumnya merupakan titik terpenting dalam sebuah gambar, dan kesalahan sedikit saja dapat menyampaikan pesan yang salah.

Bisa dikatakan membuat sketsa wajah susah-susah gampang, kita harus cermat dan tekun jika ingin menguasai tekniknya sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang baik dan bernilai.

Ada Tips yang harus dipelajari jika ingin bisa membuat sketsa wajah, berikut tips nya:

Buatlah garis tepi wajah

Kepala tidak pernah berbentuk lingkaran, bentuk kepala adalah lonjong, seperti telur. Jadi, buatlah sketsa bentuk lonjong yang mengecil pada bagian bawahnya.

Gambarlah garis pemisah

Cara paling mudah untuk menggambar wajah adalah menggunakan garis pemisah untuk memetakan bagian-bagian wajah. Pertama-tama, gambar garis di bagian tengah bentuk lonjong yang telah Anda buat. Kemudian, bagi dua gambar ini sekali lagi, kali ini secara horisontal.

Gambarlah hidung

Bagi dua lagi bagian bawah gambar dengan garis horisontal lain. Titik pertemuan garis ini dengan garis vertikal adalah tempat Anda harus menggambar hidung. Gambar bagian dasar hidung dan buat lubang hidung di kedua sisinya.

Gambarlah mulut.

Bagi dua bagian bawah gambar lagi. Bagian dasar bibir akan terletak pada garis pemisah yang baru saja Anda buat. Gambarlah garis tempat pertemuan bibir dan gambar bagian atas bibir. Kemudian, isi bagian dasar bibir.

Gambarlah mata

Gambarlah dua buah lingkaran besar untuk membuat mata pada garis horisontal utama. Lingkaran ini akan menjadi rongga mata. Bagian atas lingkaran ini adalah alis dan bagian bawahnya adalah tulang pipi.

Berikan bayangan di bawah mata

Sekarang, berikan bayangan di bawah mata dan di tempat pertemuan mata dan hidung untuk menegaskan rongga mata. Untuk menciptakan tampilan lelah, tambahkan bayangan dan garis tajam dengan sudut tertentu di bawah kelopak mata.

Gambarlah telinga

Bagian dasar telinga harus sejajar dengan bagian dasar hidung, sedangkan bagian atasnya sejajar dengan alis mata. Ingatlah bahwa telinga harus rata dengan sisi kepala

Gambarlah rambut

Pastikan bahwa Anda menggambar hidung dari titik belahan rambut ke arah luar.

membuat sketsa wajah
membuat sketsa wajah

Gambarlah leher

Leher adalah bagian tubuh yang lebih besar dari bayangan Anda. Gambarlah dua garis dari tempat pertemuan titik horisontal di bagian bawah dengan ujung wajah.

 

Gambarlah detail lainnya

Berikan bayangan di bawah hidung dan tegaskan bagian dagu. Berikan garis ekspresi di sekitar mulut dan bayangan di sudutnya. Kemudian, tegaskan tulang hidung. Semakin jelas Anda membuat rincian ini, maka tampilan gambar Anda akan semakin tua.

Bersihkan gambar Anda

Gunakan penghapus untuk menghilangkan garis-garis panduan.

 

 

 

Shares
Share This