Mengenal Street Photography

Cirebonmedia.com – Street photography adalah salah satu jenis fotografi yang cukup digemari, meskipun tidak sebanyak penggemar fotografi landscape (pemandangan) dan fotografi portrait (foto manusia). Salah satu hal yang menarik dalam street photography adalah kita bisa melakukannya di jalan – jalan permukiman sehingga tidak memerlukan biaya yang besar.

Street Photography adalah sebuah aliran fotografi yang lebih mengutamakan subject (point of interest) di ruang publik. Ruang publik yang dimaksud bukan hanya dari jalanan saja, tetapi jauh lebih luas seperti taman, pemukiman, pasar dan sebagainya. Sedangkan point of interest atau subject juga tidak hanya orang saja melainkan bisa juga seperti peristiwa, benda – benda atau element, bayangan dan sebagainya. Street photography bisa juga dikatakan sebagai foto dokumentasi, foto seri, ataupun foto tunggal. Street photography mulai popular pada tahun 1930-an ketikan pada saat itu kamera dengan film 35mm ditemukan. Salah satu fotografer yg berperan penting dalam perkembangan street photography adalah Henri Cartier Bresson, seorang master of photographer dari Perancis. Ia terkenal dengan karya dokumentarnya, liputan kehidupan nyata, foto yg kental dengan decisive moment (kejadian yang kebetulan) dan sebagainya.

Street photography sendiri memiliki beberapa unsur perbedaan dengan fotografi pada umumnya, pertama street photographydilakukan di ruang publik, keadaan atau kejadian tidak dibuat – buat melaikan spontanitas dan kebetulan (decisive moment), orang yang dipotret tidak ditampilkan sebagai seorang individu melainkan sebagai tokoh anonim dari situasi “jalanan” secara umumnya dan tema yang diangkat merupakan kehidupan sehari – hari yang terjadi di ruang publik, apakah itu perilaku, lingkungan, keadaan, cuaca, dan lain sebagainya.

Namun bagi kebanyakan orang, masih sulit membedakan antara street photography dengan human interest. Dan bagi Anda yang ingin mengenal dan mendalami street photography ada beberapa tips.

Menguasai teknik dasar fotografi, seperti komposisi, angle, dan penguasaan alat.

Interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, perhatikan privasi orang lain.

Perhatikan keadaan sekitar, coba lihat daerah sudut pandang berbeda.

Street Photography yang mulai banyak digemari
Street Photography yang mulai banyak digemari

Pelajari arah matahari. Pada jam tertentu, bayangan yang dihasilkan akan menarik dan flare yang dihasilkan akan memberikan efek yang lain.

Memotret street photography bisa dilakukan tidak hanya pada saat cuaca cerah, pada cuaca yang kurang mendukung kita juga bisa mendapatkan foto dengan mood berbeda.

Perhatikan element jalanan sekitar, misalkan papan iklan, bayangan, sepeda, arsitektur bangunan, dll.

Cobalah bereksperimen dengan “melanggar” peraturan fotografi, misalkan foto yang blur, foto dead centre, dan lain-lain.

Sabar menunggu momen.

Sumber: desaindigital

Shares
Share This