Kesenian Cirebon yang Mendunia

 

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman, seperti sumber daya alam yang melimpah, kebudayaan, adat istiadat, kesenian dan lain-lain.

Cirebon dijuluki sebagai kota udang dan kota wali, berada di bagian timur Jawa Barat dan masih memegang nilai-nilai luhur nenek moyang serta memiliki beragam seni budaya daerah yang mendunia. Tak jarang wisatawan mancanegara yang datang pun sangat mengapresiasi dan mengagumi keunikan yang ditampilkan dari kesenian Cirebon.

 

Kesenian-kesenian yang ada di Cirebon :

  1. Tari topeng

Penarinya menggunakan topeng dan pada setiap masing-masing topeng memiliki karakter yang menggambarkan sifat atau perwatakan seseorang.

  1. Burok

Biasanya dipertunjukan pada beberapa perayaan, seperti khataman, sunatan, perkawinan, marhabanan, dan lain-lain. Hiburan ini sangat disenangi anak-anak dan tentu dapat mempererat tali silaturahmi.

  1. Lukisan kaca

Lukisan kaca sudah dikenal di Cirebon sejak abad 17 sebagai media dakwah pada masa Panembahan Ratu dan sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam saat itu. Lukisan ini berbentuk tulisan kaligrafi dan gambar wayang dengan ditulis di atas media kaca.

  1. Batik Cirebon

Batik Cirebon lahir di abad 16 dan dikenal dengan motif batik yang unik dan khas. Salah satu motif atau corak yang terkenal pada batik Cirebon ialah motif megamendung dan pusat pembuatan batik Cirebon sendiri berada di Trusmi, Plered.

Sebagai warga Cirebon kita harus tetap memegang nilai luhur nenek moyang. Budaya, adat istiadat, dan kesenian Cirebon harus tetap kita jaga dan lestarikan, karena siapa lagi kalau bukan kita sendiri sebagai warga Cirebonnya dan yang membuat Cirebon memiliki ciri khas adalah karena masyarakatnya tidak melupakan kebudayaan tradisional meskipun dihadapkan pada budaya-budaya asing.

 

Batik mega mendung
Image by google
Burok
Image by google

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This