Sejarah Taman Air Gua Sunyaragi

Cirebonmedia.com– Cirebon yang terkenal dengan sebutan Kota Wali merupaka salah satu kota dengan berbgai budaya dan sejarah. Salah satu sejarah yang terkenal di Cirebon adalah Gua Sunyaragi. Gua Sunyaragi merupakan suatu bangunan yang menyerupai sebuah Candi. Selain dikenal dengan Gua Sunyaragi, peninggalan sejarah ini juga biasa disebut dengan Taman Air Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi.

Sunyaragi sendiri berasal dari kata “sunya” yang artinya sepi dan kata “ragi” berarti raga. Kedua kata tersebut merupakan bahasa Sansekerta. Gua Sunyaragi berada di sisi Jl. Bypass Brigjen Darsono Kelurahan Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Luas area lahan Gua Sunyaragi sekitar 15 hektar, yang dimana kontstruksi dan komposisi bangunan ini adalah taman air. Maka dari itu disebut Taman Air Sunyaragi. Kompleks Gua Sunyaragi pada zaman dahulu dikelilingi oleh sebuah danau, yaitu danau Jati, dimana danau Jati itu saat ini sudah mengering dan berada di Jl. Bypass Brigjen Darsono, sungai Situngkul, PLTG, dan sebagian pemukiman masyarakat sekarang.

IMG_9951 Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari Keraton Pakungwati yang saat ini bernama Keraton Kesepuhan. Kompleks Gua Sunyaragi terbagi menjadi dua yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Tujuan utama dibangunnya Gua Sunyaragi adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Menurut buku Purwaka Carabuna Nagari karya Pangeran Arya Carbon, Gua Sunyaragi dibangun pada tahun 1703 M oleh Pangeran Kararangen nama lain dari Pangeran Arya Carbon.

Dilihat dari gaya atau corak dan motif-motif yang muncul serta pola bangunan yang beraneka ragam dapat disimpulkan bahwa gaya arsitektur tempat bersejarah ini merupakan perpaduan dari Indonesia klasik atau Hindu, Cina kuno, Timur Tengah, dan Eropa. Pada tahun 1997 pengelolaan Taman yang indah ini  dipegang oleh pemerintahan Cirebon diserahkan kepada pihak Keraton Kesepuhan, hal ini berdampak kepada kondisi fisik Gua Sunyaragi yang lama kelamaan semakin terbengkalai dan tidak terawat. Saat ini Gua Sunyaragi menjadi salah satu Objek Wisata di Cirebon.  Setiap harinya banyak turis local maupun turis asing yang datang untuk melihat salah satu cagar budaya di Cirebon ini.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima

Shares
Share This