Cirebon- Planet bumi tempat dimana berkumpulnya semua makhluk dari yang tak bergerak, hingga yang bergerak dan yang memiliki akal dan nurani. Dialah manusia sebagai satu-satunya makhluk yang berakal dan memiliki nurani yang ada di bumi ini. Manusia menjadi bagian penting yang menentukan apakah planet yang kita kenal sebagai bumi terpelihara dengan baik, atau justru menuju ambang kehancuran.

Gugusan bintang di langit, galaksi, sampai matahari sudah diciptakan sedemikian rupa sebagai pendamping yang harmonis untuk sang makhluk yang diciptakan sempurna. Bumi sebagai pusat kehidupan sudah memasuki masa dimana sering terjadi kerusakan dan kekacauan. Lapisan atmosfir yang semakin rusak dan berlubang, lapisan yang melindungi kita dari ancaman benda langit mulai dari asteroid hingga komet. Entah apa yang dipikirkan oleh kita, demi mendapat sesuatu yang sering disebut dengan kekuasaan, manusia mulai memicu kerusakan lingkungan dengan melakukan penebangan liar terhadap pohon. Tak heran jika belakangan ini sering kita dapati daerah-daerah yang terendam banjir ataupun tanah longsor. Ini sebenarnya adalah cara Tuhan mengingatkan kita untuk tetap ramah terhadap lingkungan.

Kita patut bersyukur, akhirnya ada beberapa dari kita yang sadar dan menggunakan akal beserta nurani yang melakukan dan mengkampanyekan sebuah gerakan yang bernama gerakan Go Green dengan aksi penananaman satu juta pohon sebagai sebuah bentuk pelestarian lingkungan.

Gerakan menanam sejuta pohon dipelopori oleh Bapak “Subagio Danuningrat”, melalui Rotary Club nya, beliau mengadakan gerakan penanaman sejuta pohon. Subagio Danuningrat pernah mengatakan bahwa  gerakan menanam sejuta pohon adalah salah satu kegiatan untuk melestarikan bumi.

Dalam kegiatan ini juga dilibatkan masyarakat terutama generasi muda untuk ikut berpartisipasi di gerakan ini. Beliau memberikan penyuluhan kepada anak-anak agar tahu bagaimana mendapatkan benih, menyemai, menyebarkan benih, kemudian merawatnya menjadi pohon sebagai pelindung, Selain melakukan penanaman satu juta pohon untuk penghijauan kembali, Subagio dan kawan-kawan melakukan gerakan membuat sawah organik sehingga bebas dari kimia, mengkampanyekan lobang biopori dan sumur resapan.

Marilah kita sebagai penduduk bumi ikut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan, dengan ikut turun dalam kegiatan menanam sejuta pohon agar lebih banyak lagi daerah resapan air, dan juga meningkatkan kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengendalikan tingkat polusi udara yang berakibat rusaknya lapisan ozon. Dan mewariskan lingkungan yang aman dan sehat kepada generasi mendatang.

Images by Pixabay.com