Cirbeonmedia.com– Menulis merupakan suatu kegiatan yang telah lama dipraktekan oleh manusia, kegiatan ini kerap sekali memunculkan sebuah hasil karya dimana karya tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang dan sebuah tulisan biasanya mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Menulis sendiri memiliki arti yaitu suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Namun dengan kemajuan teknologi seperti saat ini menulis tak hanya mengandalkan kertas, pena atau pun pensil melainkan sebuah perangkat yang dikenal dengan Komputer dan Laptop.

Pada zaman dahulu, menulis pertama kali bukan dengan aksara melainkan dengan gambar yang terpampang di tembok-tembok gua yang lebih dikenal dengan sebutan hieroglyph pada zaman mesir kuno. Sebuah tulisan dengan menggunakan aksara sendiri pertama kali muncul pada 5000 tahun lalu yang dibuat oleh orang-orang Sumeria yang sekarang dikenal dengan Negara Irak.

Lambat laun, kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan. Dari sinilah mulai muncul penulis-penulis handal yang karyanya masih tetap bertahan hingga saat ini seperti Khalil Gibran atau pun Edgar Allan Poe.

Sebenarnya dibalik dari kegiatan yang satu ini ternyata memiliki manfaat bagi manusia, berikut adalah manfaat menulis bagi manusia:

 

Sebagai wadah menuangkan ide

Dalam sebuah tulisan, meski hanya sebuah rencana, seseorang bisa menuangkan idenya. Hal ini bisa membantu orang yang bersangkutan mengeluarkan aspirasi atau keinginan sehingga dapat membuat seseorang jadi rendah potensi stresnya, bahkan makin kreatif.

 

Mengungkapkan Perasaan Secara Tertulis

Mereka yang memiliki ruang dan waktu untuk menulis, disebutkan psikolog asal Texas, James Pennebaker, bahwa hal ini bisa membantu mereka menuangkan perasaan dan pikiran sehingga tak memendamnya dalam hati. Karena bila terlalu lama ditahan, hal ini bisa menjadi beban bagi tubuh seseorang.

 

Membantu Menjaga Imunitas

Menulis sebagai sarana melepaskan dan mengekspresikan sesuatu bisa membantu seseorang untuk menjaga imunitas. Karena dilansir dari Elizabeth street, mereka yang bertahan pada situasi yang menyakitkan dan tidak memiliki kesempatan untuk melampiaskan dengan tepat, bisa melemahkan imunitasnya sendiri.

Serta kegiatan yang satu ini mampu meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan kemampuan membaca. Sudahkah Anda menulis? Segera tuangkan ide dan perasaan kedalam tulisan yang bisa membuat jiwa merasa bebas dan jauh lebih tenang. Selain itu tulisan pun akan bisa berubah menjadi suatu karya yang bermanfaat bagi sang pembaca.

 

 

Image By: Google.com