BSM, Solusi Pemerintah Untuk Tingkatkan Pendidikan di Indonesia

Cirebonmedia.com Berbicara mengenai pendidikan di Negri ini, bagaikan angan-angan Indah yang tak kunjung tercapai, Menurut Pasal 31 Ayat (10) UUD 1945 menyatakan, “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Makna yang terkandung dalam bunyi pasal itu tidak mengecualikan siapa pun, termasuk mereka yang miskin, Namun Pada kenyataanya?

Istilah “Si Miskin Dilarang Sekolah” seharusnya sudah tidak berlaku lagi karena pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah gencar-gencarnya mengucurkan bantuan dana pendidikan melalui Program Bantuan Siswa Miskin (BSM)

Program BSM adalah program nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin bersekolah dengan membantu mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, dan menarik siswa miskin untuk bersekolah kembali. BSM juga ditujukan untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan.

Pemerintah mengatakan, tidak boleh ada alasan faktor ekonomi menjadi penghalang anak mendapatkan layanan pendidikan. “Karena itu, harus dipastikan semua anak dari keluarga miskin bisa bersekolah dan jangan sampai putus sekolah,”

Program BSM bersifat bantuan langsung kepada siswa, dan bukan merupakan beasiswa. BSM diberikan berdasarkan kondisi ekonomi siswa, dan bukan berdasarkan prestasi. Sementara beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa. Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud maupun Kementerian Agama.

pendidikan
Image By: Google.com

Sementara itu, besaran BSM untuk siswa SMA, SMK, dan MA tetap berjumlah Rp 1 juta/siswa per tahun. Khusus untuk perguruan tinggi, BSM diberikan dengan nama Bidikmisi (Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin). Mahasiswa miskin yang mendapat Bidikmisi akan menerima bantuan pendidikan minimal sebesar Rp 600.000/mahasiswa per semester atau Rp 1,2 juta per tahun.

Siswa SD penerima BSM langsung dapat sekolah di SMP dan wajib mendapat BSM. Demikian juga setelah lulus SMP, mereka dapat melanjutkan ke SMA dan wajib menerima BSM. Jika prestasi akademiknya baik, siswa tersebut bahkan bisa mendapatkan beasiswa Bidik misi di perguruan tinggi.

Dengan Banyaknya Program Pemerintah untuk menanggulangi masalah pendidikan diharapkan dapat menurunkan jumlah anak putus sekolah, Namun Dari hasil real di lapangan di kota Cirebon Beberapa program tersebut hanya 70% yang tepat sasaran dan masih banyak generasi muda di Cirebon yang belum tersentuh program tersebut. Diharapkan Pemerintah lebih selektif dalam menangani masalah ini.

Shares
Share This