Cirebonmedia.com- Hobi merupakan sebuah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Hobi bertujuan untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan. Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa.

Banyak orang mengira bahwa hobi merupaakan kegiatan yang biasa dilakukan sebagai selingan dan sebagai hal yang paling disukai oleh setiap orang. Padahal, tidak sepenuhnya demikian. Selain dapat mengisi waktu luang, beberapa hobi berikut ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apa saja? berikut daftarnya:

 Mendaki

Mendaki ternyata bisa meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih produktif. Hobi ini juga dapat mengurangi stres dan menyalurkan energi seseorang agar lebih bisa fokus.

Mendaki gunung dapat membuat seseorang dapat terhindar dari gangguan dan mendapatkan energi positif yang diberikan oleh alam.

Menurut studi yang pernah dilakukan, orang yang memiliki hobi mendaki memiliki tingkat kreativitas 50 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang mendaki. Penelitian ini membuktikan bahwa produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara mendekatkan diri pada alam.

Membuat to-do-list

Banyak yang menganggap bahwa hal ini tidak bisa dijadikan sebagai hobi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini dengan rutin. To do list merupakan daftar yang biasanya dibuat agar kita dapat lebih mudah untuk mengatur berbagai hal yang akan dilakukan.

Dengan membuat to do list, seseorang dapat mengeluarkan segala rencana yang ada di pikirannya dan menuangkannya dala sebuah daftar sederhana. Hal ini dapat membantu seseorang agar lebih terorganisir dalam bertindak.

Perlu diketahui bahwa banyak orang sukses seperti Richard Branson, Heidi Klum, dan Sandra Bullock yang mampu mencapai tingkat kesuksesan mereka berkat membuat to-do-list dengan rutin.

Image By: Google.com

Image By: Google.com

Bermain video game

Banyak orang yang memandang hobi ini dari sudut pandang negatif. Mereka berpikir bahwa bermain video game hanya akan menyita waktu dan membuat seseorang kecanduan.

Namun, menurut para ilmuwan dari Queen Mary Universty of London dan University College London (UCL) bermain beberapa jenis video game dapat membantu melatih otak untuk meningkatkan pemikiran strategis.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bermain video game action dapat mempercepat kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan sementara games yang sarat dengan srategi dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir strategis dan belajar dari kesalahan yang pernah dibuat.

Mendengarkan Musik

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan kepada 47 mahasiswa, di mana mereka mendengarkan potongan dari ‘Tchaikovsky Symphony No 4’ untuk stimulus semangat dan ‘Mahler’s Symphony No 6’ untuk stimulus penenang.

Respons mahasiswa tersebut saat mendengarkan potongan lagu ‘Tchaikovsky Symphony No 4’ merasa lebih semangat. Sementara saat mendengarkan ‘Mahler’s Symphony No 6’ mereka merasa lebih santai.

18 Total Views 1 Views Today