Apa sih Pentingnya Disiplin dan Menghargai Waktu?

Cirebon Media – Apa sih pentingnya disiplin dan menghargai waktu? Displin dan menghargai waktu sangat penting dalam kehidupan manusia. Disiplin merupakan sikap mental seseorang yang mengandung kerelaan untuk mematuhi dan taat kepada peraturan, tata tertib, ataupun ketentuan yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tanggunga jawab.

Businessmen and Clock

Salah satu sikap disiplin adalah menghargai waktu. Seperti pepatah mengatakan “waktu adalah uang”  kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Bila Anda menghargai waktu, maka waktu juga akan menghargai  Anda. Maka dari itu jangan pernah menyia-nyiakan waktu karena jika Anda menyia-nyiakannya, berarti  Anda telah menyia-nyiakan uang. Sebab, dari menghargai waktulah kamu akan mendapatkan uang dengan adanya kesempatan.

Dengan disiplin kita mempuyai prinsip yang kuat, prinsip tersebut sangat dibutuhkan untuk kehidupan akan pencapaian tujuan yang Anda inginkan. Tidak ada rencana yang besar yang dapat terwujud tanpa disiplin. Disiplin adalah latihan yang menghasilkan pola perilaku yang diinginkan, kebiasaan yang diharapkan, dan sikap yang membawa pada kesuksesan dalam kehidupan. Sikap disiplin harus ditanamkan kepada anak sejak dini, agar ketika dewasa dia akan terbiasa disiplin dalam lingkungan masyarakat.

Bukankah dalam dunia pekerjaan disiplin sangat diperlukan? Tentu saja benar, karena disiplin akan membuat hidup Anda lebih tertata dan pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

Adapun manfaat yang dapat kita peroleh dari menghargai waktu dan disiplin :

  • Pekerjaan tidak menumpuk

Sebanyak-banyaknya pekerjaan jika kita mengerjakannya dengan disiplin sesuai dengan waktu yang ditentukan maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan.

  • Membantu otak agar lebih mudah untuk berfikir

Dengan menghargai waktu dan sering menggunakan otak dengan cara yang tepat. Maka Anda akan menjadi terampil dan lebih mudah untuk berfikir.

  • Melatih rasa kepedulian

Ternyata menghargai waktu dapat melatih rasa kepedulian juga loh. Anda memiliki kemampuan untuk belajar menghargai orang lain.

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

Sumber :

http://ishakarofik.blogspot.co.id/2014/08/pentingnya-disiplin-dan-menghargai-waktu.html

http://www.kompasiana.com/puiikk/pentingnya-menghargai-waktu-sebagai-realisasi-disiplin-hidup_5904ad53b1927340078b4567

Shares
Share This