Cirebon Media- Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, karena itulah kita dituntut untuk dapat berbahasa inggris. Namun, bagaimana dengan kita yang tidak terbiasa  memakai bahasa Inggris secara aktif? Apalagi, kebanyakan orang di Indonesia menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Tentunya lebih sulit bagi mereka yang sehari-harinya menggunakan bahasa daerah dengan logatnya sendiri.

Di era globalisasi sekarang ini, informasi lintas negara bukan lagi jadi sesuatu yang aneh. Contohnya saat kita sedang travelling ke luar negeri, tentunya untuk berkomunikasi dengan orang di sana pasti menggunakan bahasa inggris, tidak mungkin kan jika kita berbicara dengan orang asing menggunakan bahasa darerah?

Bukan hanya itu saja, mampu berbahasa inggris akan membuat kita lebih mudah mendapat pekerjaan, karena sekarang banyak instansi yang menuntut pegawainya dapat berbahasa inggris. Mengikuti kursus bahasa dirasa bukan jadi pilihan utama memperlancar kemampuan bahasa Inggris dengan berbagai alasan. Nah..kali ini saya akan berbagi bagaimana sih caranya pandai berbahasa inggris tanpa harus mengikuti kursus bahasa.

  1. Sering Mendengar dan Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris

Mendengarkan musik bukanlah hal yang sulit bukan? karena itu bisa dilakukan kapan dan dimanapun. Jika kamu ingin pandai berbahasa inggris, cobalah untuk sering mendengarkan lagu-lagu yang menggunakan bahasa inggris. Untuk langkah awal, pilih lagu-lagu pop karena temponya relative tidak terlalu cepat. Sebelum mencari liriknya, dengarkan terlebih dahulu lagunya dan perhatikan kata-kata yang keluar. Coba nyanyikan apa yang kamu dengar dari lagu tersebut setelah beberapa kali mendengar, baru cari lirik lagunya.

  1. Membuat Video Pribadi menggunakan Bahasa Inggris

Buatlah video pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya. Mengapa? Karena dapat melatih bicara kita dalam bahasa inggris. Jangan khawatir akan salah atau benarnya kamu dalam mengucapkan kata perkata dalam video ini, karena kamu dapat memutar kembali video yang telah dibuat. Nah barulah kamu koreksi sendiri atau minta pendapat orang lain yang lebih pintar berbahasa inggris. Jika kamu rajin membuat video seperti itu, maka kamu akan mampu melafalkan bahasa inggris dengan baik dan benar.

  1. Rajin Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris

Sering mendengarkan percakapan bahasa inggris akan membuat pendengaranmu terbiasa dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa asing. Kamu bisa memulainya dengan potongan video berita dari stasiun TV luar negeri seperti BBC atau CNN, bisa juga dengan mendengarkan pidato orang-orang penting.

  1. Tida Malu akan Kemampuan Berbahasa

Inilah yang sangat penting. Kalau memang kemampuan berbahasa asing belum mahir, jangan malu untuk mengakui. Justru dengan mengakui diiringi niat untuk belajar, banyak orang yang akan suka rela membantumu pandai berbahasa inggris.

  1. Membaca Kosakata (Vocabulary)

Dengan rajin membaca kosakata bahasa inggris, akan membuatmu lebih banyak mengetahui arti kata, misalnya dari kata benda, kata sifat, kata kerja dan lain-lain.

Tetaplah semangat untuk terus berlatih. Karena untuk menjadi pandai, kuncinya adalah belajar!

Penulis: Helda Damayanti

Sumber:

https://www.kaskus.co.id/thread/59906c39d89b09a7728b456b/lakukan-cara-berikut-supaya-kemampuan-bahasa-inggris-mu-semakin-lancar/?ref=htarchive&med=hot_thread

 http://www.sekolahbahasainggris.com/6-rahasia-cara-cepat-belajar-bahasa-inggris-dalam-1-hari-terbukti/