Menghargai dan Menghormati Orang lain

Cirebon Media – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sangat ingin dihargai oleh semua orang, baik disekolah, dirumah, dikantor dan dimanapun kita berada. Kita sebagai makhluk sosial tentunya sangat ingin diri kita dihargai dan dipuji oleh rekan-rekan kita. Sebelum kita ingin dihargai oleh orang lain tentunya kita harus terlebih dahulu menghargai orang lain, baik menghargai suatu hasil karyanya ataupun yang lainnya.

Menghargai orang lain merupakan salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antarmanusia agar terwujud suatu kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupakan pencerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai.

Menghormati dan menghargai orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat, status, warna kulit, atau pekerjaan orang tersebut karena hasil karya merupakan pencerminan dari pribadi seseorang. Berkarya artinya melakukan atau mengerjakan sesuatu sampai menghasilkan sesuatu yang menimbulkan kegunaan atau manfaat dan berarti bagi semua orang. Karya tersebut dapat berupa benda, jasa, atau hal yang lainnya yang memiliki nilai artistik dan bisa membuat seseorang menjadi tertarik dan menghargai suatu karya yang dibuatnya.

Islam sangat menganjurkan umatnya agar saling menghargai satu sama lain. Sikap menghargai terhadap orang lain tentu didasari oleh jiwa yang santun atau al hilmu yang dapat menumbuhkan sikap menghargai orang di luar dirinya. Kemampuan tersebut harus dilatih lebih dahulu untuk mendidik jiwa manusia sehingga mampu bersikap penyantun. Seperti contoh, ketika bersama-sama menghadapi persoalan tertentu, seseorang harus berusaha saling memberi dan menerima saran, pendapat, atau nasihat dari orang lain yang pada awalnya pasti akan terasa sulit. Sikap dan perilaku ini akan terwujud bila pribadi seseorang telah mampu menekan ego pribadinya melalui pembiasaan dan pengasahan rasa empati melalui pendidikan akhlak. Selanjutnya, ia akan selalu terdorong untuk berbuat yang baik kepada orang lain.

Sumber  :

https://riswatunoval.wordpress.com/2013/11/11/menghargai-dan-menghormati-orang-lain-by-nur-kurnia-puspita-dwi/

 

Shares
Share This