PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET

The Light Carrier
  • 2 tahun
  • 2069
  • 0

Related Post

Permainan tradisional ini adalah permainan yang popular bukan hanya di Indonesia bahkan manca negarapun mengetahui permainan ini. Di Indonesia permainan petak umpet menjadi permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di pedesaan.

SEJARAH

Permainan tradisional petak umpet mempunyai umur yang sudah tua, Penulis yang berasal dari Yunani menulis permainan yang diberi nama apodidraskinda, pada abad ke-2. Permainan yang kita kenal saat ini yaitu permainan petak umpet. Di belahan dunia, nama petak umpet berbeda-beda, seperti di negara Spayol yang menyebutkan nama petak umpet dengan bahasanya yaitu el escondite. Bukan hanya di belahan dunia, di Indonesia sendiri permainan ini mempunyai nama yang berbeda beda disetiap daerahnya.

PERATURAN PERMAINAN

  1. Pemain berjummlah dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah pemain semakin seru permainan.

    Anak-anak bermain petak umpet. Sumber: Bobo.ID
  2. Salah seorang pemain menjadi kucing yang nantinya akan mencari teman-temannya yang bersembunyi.
  3. Permainan dimulai ketika si kucing menghadap tembok atau menutupi matanya dan menghitung, hitungan ditentukan bersama. biasanya 10-15 hitungan.
  4. Setelah hitungan selesai sikucing mencari teman-temannya yang berssembunyi.
  5. Jika menemukan temannya si kucing harus kembali ketempat dimmana dia berhitung dan mengatakan “ret” ditembok.
  6. Jika sudah ditemukan semua oleh si kucing maka pergantian kucing, pemain yang pertama kali ditemuka ia yang menggantikan si kucing.
  7. Jika pemain berhasil meng “ret” an ditempat sikucing berjaga maka ia akan aman.
  8. Sebenarnya permainan ini memiliki jenis dan peraturan yag berbeda-beda di setiap jenisnya.

Nah, itulah beberapa contoh permainan tradisional Jawa Barat, tapi permainan ini tidak hanya populer di Jawa Barat saja melainkan di Indonesia juga, selain permainan tradisional ada juga alat musik tradisional yang menjadi ciri khas Indonesia, untuk itu terus kembangkan produk Indonesia.

 

Sumber : azzamaviero.com

diedit oleh : Siti J. SMKN 1 PALASAH

Shares
Share This