Related Post

Simulasi UNBK. Sumber: Radar Jogja

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer semakin dekat. UNBK SMK akan dilaksanakan 2 minggu lagi tepatnya pada hari Senin, 2 April 2018. untuk jadwal jenjang lainnya bisa di cek di website kemendikbud. Berikut tips singkat untuk mempersiapkan UNBK.

1. Baca Ulang Materi Pembelajaran

Membaca ulang materi itu kiranya harus dimulai dari pelajaran terakhir yang dipelajari di kelas. Setelah kamu sudah memahami materi tersebut, barulah pelajari materi-materi lampau, ini dikarenaka materi- materi yang lalu biasanya muncul di Ujian Nasional.

2. Mengadaptasikan Diri dengan Komputer

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disebut UNBK, dari namanya kita sudah mengetahui bahwa Ujian Nasional ini dilaksana menggunakan komputer. Ada beberapa hal yang harus kamu kuasai. Pertama ialah cara login. Sebab, untuk mengikuti UNBK, kamu harus bisa login pada laman khusus. Kamu harus sudah mengetahui mekanisme login UNBK. Cari informasi mengenai pelaksanaan UNBK terdahulu, baik itu dari guru maupun dari kakak kelas yang sudah lulus.

Sebenarnya cara mengerjakan soal pada aplikasi CBT tidak sesulit yang kamu bayangkan. Untuk memilih jawaban yang kamu anggap paling benar tinggal mengeklik jawaban tersebut saja. Namun yang tidak boleh kamu lupakan sebelum selesai mengerjakan soal adalah pastikan semua nomor soal sudah berwarna hitam. Dan berikut penjelasan terkait warna yang ada pada nomor soal UNBK:

  • Nomor berwarna putih = soal belum dijawab.
  • Nomor berwarna biru = soal sedang dikerjakan
  • Nomor berwarna kuning = soal jawaban ragu-ragu
  • Nomor berwarna hitam = soal sudah terjawab

Belajarlah untuk terbiasa dengan layar komputer hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan stamina kamu saat pengerjaan soal. Jika tidak terbiasa, kamu akan merasa kelelahan karena terlalu lama melihat layar komputer.

3. Mempersiapkan Fisik dan Mental

kamu harus menjaga kesehatan dan kebugaranmu. Kalau kamu senang berolahraga, gunakan hobi kamu tersebut untuk menjaga kebugaran.

Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, latihlah kekuatan stamina mata. Jangan sampai mata kamu cepat lelah saat menatap layar komputer. Untuk melatihnya, kamu jangan ngoyo dan memaksakan diri menatap terlalu lama layar komputer. Cukup membiasakan diri dengan pancaran cahaya dari layar.

4. Seringlah Mengerjakan Latihan Soal

Ini merupakan persiapan yang sangat wajib dilakukan. Tanpa melakukan latihan soal pastinya kamu tidak akan siap menghadapi ragam soal yang muncul. Kamu dapat berlatih menggunakan komputer ataupun tulis.

Latihan soal akan memberikan kamu kesempatan untuk menyusun strategi dalam mengerjakan soal. Strategi itu akan membantu kamu memaksimalkan waktu pengerjaan soal sehingga tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk mengerjakan satu soal.

5. Ketahui Teknis & Tata Tertib Pelaksanaan

Karena memanfaatkan teknologi maka teknis ujian semakin canggih. Termasuk sebelum masuk di aplikasi CBT dan mulai mengerjakan ada username, password, dan token yang harus kamu masukan dengan benar. Kemudian ada juga waktu ujian yang akan berjalan dan berhenti secara otomatis, jadi jika waktu telah habis maka aplikasi akan menutup secara otomatis. Maka dari itu selalu pantau waktu dan jangan sia-siakan siswa waktu yang terus berjalan.

Tata tertib ujian merupakan aturan yang benar-benar harus kalian perhatikan. Peraturan dan tata tertib UNBK akan dibacakan dan dijelaskan oleh panitia ujian sebelum di hari pertama. Perhatikan secara seksama ketika tata tertib di bacakan, jangan sesekali melanggar aturan dan tata tertib ujian jika kamu ingin sukses menghadapi UNBK.

 

Dikutip dari : video.quipper.com, risalahku.com
Dikutip oleh: Nurfadhilah SMKN 1 Palasah
Shares
Share This