Aplikasi Penghalau Blue Light Pada Layar Komputer

Related Post

@Pexels

Blue light adalah sinar radiasi yang dipancarkan oleh layar computer ataupun handphone. Sinar ini dapat membuat mata kamu menjadi merah, berair bahkan penglihatan terganggu jika terlalu lama menatap layar. Orang-orang biasanya membeli kacamata anti radiasi, namun ada cara lain yang mungkin lebih praktis. Yaitu menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat menghalau sinar radiasi blue light. Berikut beberapa aplikasi yang bisa di-install di computer.

1. F.lux

Aplikasi F.lux adalah aplikasi gratis yang bisa dipasang oleh para pengguna windows. Aplikasi ini akan mengubah layar computer menjadi bewarna orange senja untuk mengurangi radiasi. Kita bisa mengatur secara otomatis ataupun manual dari besaran cahaya orange senja dan kapan ingin dinyalan.

2. Iris

Aplikasi ini menawarkan berbagai pengaturan presset warna seperti mode reading, programming, biohacker, health, sleep dan lain-lain. Kamu hanya perlu memilih jenis preset sesuai dengan keinginanmu atau sesuai dengan aktivitas yang sedang kamu lakukan. Jika kamu menginginkan pengaturan lebih, aplikasi ini menyediakan opsi advanced seperti membuat preset sendiri, melakukan kustomisasi, dan berbagai fitur menarik lainnya.

3. Sunsetscreen

Aplikasi ini juga akan mengurangi intensitas sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat pengguna. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatur secara manual intensitas warna yang diinginkan. Kelebihannya, aplikasi ini ternyata sangat ringan dijalankan dan hanya berukuran lebih dari 1 megabyte.

4. Pango Bright

Aplikasi ini juga bisa mengurangi intensitas dari blue light, alpikasi ini mempunyai banyak sekali keunggulan. Salah satuny adalah aplikasi ini dapat diaplikasikan pada dua layar monitor sekaligus.Aplikasi ini sangat cocok digunakan jika penngguna berada di ruangan gelap. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karna tampilan menu serta kontrolnya sangat sederhana dan mudah dipahami.

Dan berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa di-instal di Smartphone

1. Precious Eyes

Precious Eyes menawarkan beragam jenis perlindungan mata dari blue light. Ada 8 macam mode yang ditawarkan, setiap mode memiliki fungsi dan kelebehinnya masing-masing. Aplikasi ini juga memiliki fitur Quick App di Notification Bar, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses Precious Eyes dengan lebih cepat. Aplikasi ini juga menawarkan versi pro yang memiliki menu tambahan lebih banyak.

2. Bluelight Filter

Aplikasi ini hanya menawarkan fitur untuk mengurangi radiasi blue light dari layar smartphone saja. Pengguna bisa mengatur tinggi rendahnya filter, warna filter, dan ikon di status bar. Aplikasi ini sangat disarankan jika kamu hanya memerlukan pengurangan radiasi blue light tanpa fitur-fitur lain yang memberatkan smartphone.

3. Eye Protector

Tampilan aplikasi ini sangat sederhana dan simple. Sama seperti Bluelight Filter, kamu bisa mengatur level filter, warna filter, dan notifikasi di status bar. Dan juga aplikasi ini tidak menawarkan fitur-fitur lain.

4. Eye Filter

Eye Filter juga memiliki fitur alarm yang berguna untuk penjadwalan filter secara otomatis. Bagi kamu yang mencari aplikasi untuk mengurangi radiasi layar smartphone yang bagus, kamu bisa mencoba Eye Filter. Selain kaya akan fitur, aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bebas dari iklan.

Menggunakan aplikasi-aplikasi di atas hanyalah untuk mengurangi radiasi dari blue light layar. cara yang paling ampuh untuk menghindari pengaruh buruk dari blue light adalah mengatur waktu menatap layar kamu supaya tidak terlalu lama menatap layar.

Dikutip dari: IDN Times, JKTSKY Blog
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This