Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Related Post

Sumber : DigitalLEARNING

Bagi yang mempunyai mimpi untuk melanjutkan cita-cita di luar negeri, tentunya membutuhkan biaya yang banyak. Namun, masalah biaya ini tidak membuat banyak orang menyerah untuk mendapatkan pendidikan di luar negeri. Beberapa institusi memiliki fasilitas beasiswa yang bisa menjadi jalan untuk melanjutkan kuliah, bahkan sampai luar negeri.

Mengingat nilai beasiswa terbilang sangat besar, jadi sangat wajar pihak penyelenggara akan menerapkan persyaratan yang cukup ketat. Kesempatan seperti harus dimiliki oleh orang yang tepat, diharapkan agar dapat memberikan manfaat bagi orang banyak di masa depan.

Pemikiran seperti itulah yang membuat penyelenggara sangat berhati-hati melakukan pemilihan kandidat terbaik. Maka bisa dipastikan bahwa kamu akan memiliki saingan yang cukup banyak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun dengan persiapan sejak awal, peluang mendapatkan beasiswa tentu akan menjadi cukup besar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beasiswa:

1. Memiliki Keyakinan dan Motivasi yang Kuat

Hal seperti keragu-raguan dan rasa cemas tidak boleh terjadi, meski hanya sesekali terlintas di pikiranmu. Selalu pastikan kamu memiliki keyakinan yang kuat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, hal ini lebih mudah jika didukung dengan motivasi yang tinggi pula. Jika kamu memiliki keyakinan seperti itu, maka kemungkinan kamu dapat melalui tes dengan nyaman dan lebih siap.

2. Tentukan Pilihan Perguruan Tinggi Sejak Awal Dengan Tepat

Tentu saja kamu harus memiliki pilihan jurusan yang paling pas dengan keinginan sendiri. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang salah dan diluar minat, karena nanti akan menimbulkan masalah.

Kumpulkan juga informasi mengenai proses persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar di sana. Hal ini perlu diketahui sejak awal, agar kamu memiliki persiapan yang matang.

3. Lengkapi Persyaratan

Setelah menemukan universitas yang pas, mulailah dengan melengkapi persyaratan pendaftaran dan tentu pengajuan beasiswa. Jangan lupa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, sehingga proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

CV, Surat referensi dan motivation letter adalah hal yang wajib dibawa pada lamaran ini, pastikan kamu sudah menyusunnya dengan baik. Terkait motivation letter, kamu harus memiliki kemampuan yang baik untuk menyakinkan pihak penyelenggara, bahwa kamu adalah kandidat yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. TOEFL juga menjadi hal wajib, artinya kamu harus memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa asing.

4. Pilih dan Ajukan Beasiswa

Ada banyak pilihan beasiswa yang dapat dipilih. Pastikan, memilih beasiswa yang tepat dengan kebutuhan, sehingga bisa mendapatkan manfaat baik bagi diri sendiri.

Hal seperti ini harus menjadi perhatian sejak awal, agar tidak salah memilih beasiswa yang pas untukmu. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang diminta, termasuk persiapan diri untuk menghadapi berbagai tes seleksi.

5. Siap Mengerjakan Tes

Sebelum mengajukan lamaran mendapatkan beasiswa, pastikan kamu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai tes yang akan dilakukan. Ini sangat penting untuk dipahami sejak awal, sebab percuma jika kamu mengajukan lamaran tetapi tidak memiliki kesiapan mental untuk menghadapi tes.

Tidak perlu takut atau gugup menghadapi wawancara, justru kamu akan melupakan banyak hal jika panik. Langkah yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan mempersiapkan diri dengan baik sejak awal. Lakukan latihan kemampuan bahasa inggris juga. ini akan membuat kamu lebih santai dan nyaman ketika melakukan wawancara.

Gagal Hal Biasa, Coba Lagi Dengan Lebih Siap

Selalu ada kemungkinan gagal. Jangan sedih, karena kegagalan adalah hal yang biasa. Belajarlah dari kegagalan dan upayakan untuk lebih baik di masa depan. Jangan menyerah karena mengalami satu kegagalan, Sebab selalu ada kemungkinan ketika kamu mencobanya lagi. Persiapkan dirimu lebih baik lagi, lagi, dan lagi. Belajarlah lebih banyak meski harus mengulangi berbagai hal yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa.

Perbaiki kemampuan bahasa Inggris. Jangan lupa melatih menghadapi wawancara, dimana hal ini membutuhkan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Jika kamu mampu memperbaiki diri maka pengajuan lamaran yang berikutnya akan berhasil dengan baik. Jangan pernah bosan untuk tetap berusaha.

Sumber : Cermati

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This