Tips Untukmu Wahai Para Pencari Sinyal

Mengatasi Susah Sinyal – Kondisi susah sinyal seperti jaringan seluler yang tiba-tiba putus atau tak ada dapat menerima panggilan sama sekali dapat menjadi hal yang menyebalkan. Terlebih, jika kejadian itu terjadi di rumah.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari layanan operator yang terganggu atau masalah jaringan. Namun, tak tertutup kemungkinan memang ada masalah di perangkat yang sedang digunakan.

Berikut ini akan dipaparkan beberapa solusinya yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber terkemuka untuk kamu wahai Para Pencari Sinyal.

Buka Jendela

Salah satu solusi untuk mengatasi kondisi susah sinyal di dalam rumah adalah membuka jendela. Pasalnya, tak jarang sinyal sulit masuk ke dalam rumah karena terhalang oleh benda-benda seperti kaca atau logam.

Karenanya, membuka jendela dapat menjadi solusi mudah untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Apabila merepotkan, tak ada salahnya untuk bergeser mendekati jendela ketika bermain smartphone agar mendapatkan sinyal lebih baik.

Isi Ulang Baterai

Penyebab lain dari penerimaan sinyal yang kurang baik kemungkinan adalah baterai yang tinggal sedikit. Dalam kondisi ini, ada beberapa smartphone yang menurunkan kinerjanya untuk menghemat daya, termasuk mengakses sinyal. Untuk itu, apabila baterai di perangkatmu sudah mulai menipis, segeralah melakukakan isi ulang. Dengan demikian smartphone dapat kembali bekerja seperti biasa.

Hidup-Matikan Mode Terbang (Airplane)

Solusi lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penerimaan sinyal adalah mengaktifkan mode terbang lalu mematikannya kembali. Cara ini sebenarnya mirip dengan me-restart perangkat, tapi lebih mudah dilakukan.

Melalui cara ini, smartphone akan me-refresh koneksi jaringan. Jadi, smartphone akan mencari sinyal lain yang lebih mudah dihubungi, sehingga besar kemungkinan akan mencari pancaran menara dengan sinyal yang lebih kuat.

Perhatikan Pengaturan APN, Tipe Jaringan, dan Pengaturan Lainnya

Sebagian smartphone atau operator jaringan memiliki sensitivitas pada penangkap sinyalnya. Sinyal mungkin harus menyesuaikan tipe jaringan dan APN yang sedang kamu gunakan dengan tepat.

Apabila kamu membeli paket internet 4G, namun smartphone-mu tidak mendukung, maka belilah paket yang sesuai atau mendukung tipe jaringan smartphone kamu. Dukungan 4G di daerah kamu juga harus diperhatikan.

Kalau yang dibeli adalah paket 3G namun pengaturan jaringan diatur ke 2G, maka ubah dulu pengaturannya. Kalau ternyata APN yang diminta operator salah kamu masukkan, perbaiki terlebih dahulu.

Kebanyakan pengguna tidak terlalu memperhatikan pengaturan jaringan yang ia gunakan. Sinyal yang lemah atau hilang tiba-tiba dapat disebabkan oleh pengaturan jaringan yang salah, APN belum dimasukkan, atau tipe jaringan yang tidak sesuai.

Kemungkinan Sedang Ada Perbaikan di Pihak Operator atau ISP Terkait

Jika biasanya sinyal normal dan lancar-lancar saja, namun entah mengapa tiba-tiba hilang tanpa diketahui jelas penyebabnya, kemungkinan besar operator atau ISP sedang melakukan perbaikan pada sinyalnya.

Tidak ada solusi lain selain menunggu sinyal kembali muncul. Namun jika sinyal memang sering hilang, akan lebih baik menggunakan kartu SIM dengan operator yang berbeda, atau layanan internet dari ISP yang berbeda, yang tentunya jauh lebih baik.

Operator atau ISP yang menyediakan layanan dengan harga mahal, sangatlah sebanding dengan kualitasnya yang sangat baik. Jangan terlalu pelit untuk membeli paket internet yang lebih mahal dari operator atau ISP lain.

Smartphone Bermasalah dengan Penangkap Sinyalnya

Sejumlah smartphone yang memiliki kecacatan pada hardware penangkap sinyal sering kali tak disadari keberadaannya. Orang biasanya langsung menyalahkan ISP atau operator, namun tak memeriksa kredibilitas merek smartphone yang dibelinya.

Biasanya smartphone yang rentan bermasalah pada hardware-nya disebabkan oleh penggunanya sendiri. Khususnya pada hardware penangkap sinyalnya yang error karena smartphone telah di-update atau diganti ROM-nya.

Apabila kehilangan sinyal baru-baru ini, ingatlah kembali apa yang terjadi dengan smartphone yang digunakan. Sejumlah smartphone rentan rusak, khususnya pada penangkap sinyalnya, hanya karena pernah terjatuh atau terkena air.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This